Terbanyak, Jumlah Anggota DPRD Perempuan Hasil Pemilu 2019 Catat Sejarah -->
Cari Berita

Terbanyak, Jumlah Anggota DPRD Perempuan Hasil Pemilu 2019 Catat Sejarah

Klikfakta.com
Rabu, 03 Juli 2019


Pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih DPRD Kabupaten Jepara, Rabu (3/7/2019) (KF-ZQ).
klikFakta.com, JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara secara resmi telah menetapkan perolehan kursi anggota DPRD Kabupaten Jepara periode 2019-2024. Penetapan iru dilakukan dalam rapat pleno terbuka di Hotel D’season, Bandengan Jepara, Rabu (3/7/2019). Menariknya dari 50 anggota dewan terpilih itu, ada tujuh anggota dewan dari unsur perempuan atau sjeumlah 14 persen. Jumlah ini menjadi sejarah bagi jajaran legislatif di bumi kartini. Pasalnya di periode-periode sebelumnya tidak pernah mencapai jumlah tersebut.

Tujuh anggota dewan perempuan yang terpilih pada pemilu 2019 ini yakni Nur Osel Kahisha Putri dari Partai Berkarya, Hesti Nugroho dari PDIP, Yunita Tri Harini dari Partai Nasdem, Saidatul Haznak dari PPP, Zumaroh dari Partai Demokrat, Sri Lestari dari Partai Gerindra dan Uzlifatul Fuaidah dari PPP.

Dari tujuh srikandi tamansari itu, hanya Sri Lestari yang merupakan anggota DPRD petahana yang berhasil kembali lolos menjadi anggota dewan.sedangkan dari perolehan suara, Nur Oshel Kahisha Putri dari dapil 1 Partai Berkarya berhasil mengumpulkan suara terbanyak dengan 8466 suara disusul Sri Lestari dengan 8285 suara.

Jika dibandingkan dengan anggota DPRD periode 2014-2019, jumlah perempuan di tamansari hanya diwakili oleh empat orang. Itupun dua diantaranya didapat dari hasil pergantian antar waktu (PAW). Empat orang itu yakni Sri Lestari, Quriyah, Budiati, Siti Rondhiyah. Budiati menggantikan mantan Ketua DPRD Jepara Yuli Nugroho sedangkan Rondhiyah menggantikan Shodiq Priyono.

Di periode yang sama sebenarnya ada politisi Partai Nasdem Fitriawati Aisyah yang terpilih dari Dapil 5, hanya saja yang bersangkutan meninggal dunia sebelum masa tugasnya berakhir dan digantikan Nur Hidayat.

Ketua KPU KPU Jepara Subchan Zuhrie mengatakan, di periode ini ada tujuh anggota dewan dari unsur perempuan atau sejumlah 14 persen. Jumlah ini menjadi sejarah bagi jajaran legislatif di bumi kartini. “Jumlah keterwakilan perempuan mencapai 14 persen,” katanya.

Sementara itu, dari total 50 anggota dewan terpilih sebanyak 26 orang atau 52 persen merupakan anggota dewan petahan yang kini masih menjabat. Sedangkan sisanya merupakan anggota baru.

Editor : Ahmad Zaenal Mustofa

Flashdisk Ribuan Kitab PDF