Jelang Idul Adha, DKPP Intensifkan Pemeriksaan Kesehatan Hewan -->
Cari Berita

Jelang Idul Adha, DKPP Intensifkan Pemeriksaan Kesehatan Hewan

Klikfakta.com
Rabu, 24 Juli 2019



klikFakta.com, JEPARA – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara terus mengintensifkan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di masyarakat dan pasar hewan jelang Idul Adha.

"Sebenarnya pemeriksaan itu dilakukan rutin setiap pasaran hewan. Hanya saja jelang Idul Adha, intensitasnya lebih ditingkatkan," kata Kabid Peternakan DKPP Jepara Mudhofir, Rabu (24/7/2019).

Tiga pasar hewan yang ada di Jepara yakni Mayong, Bangsri dan Keling menjadi sasaran rutin pemeriksaan itu. Selain itu, ternak yang aad di masyarakat, kata Mudhofir, juga dilakukan pemeriksaan dengan menyisir langsung ke sejumlah peternakan milik warga.

“Kita juga langsung turun ke peternakan milik warga,” imbuhnya.

Sejauh ini, lanjutnya,belum ditemukan penyakit hewan yang mengkhawatirkan atau menular ke manusia. Penyakit yang ditemui petugas diantaranya adalah parasit atau cacing, scabies atau kulit, dan infeksi atau luka.

Dia mengimbau masyarakat yang hendak membeli hewan untuk korban, selalu memastikan bahwa hewan kurban memenuhi syarat kurban, yaitu dewasa atau ditandai sudah powel, tidak cacat, dan sehat. Kesehatan hewan bisa dilihat dari ciri fisik, seperti mata yang cerah dan bening, kulit atau bulu mengkilap, tidsk ada luka kulit, serta saluran nafas yang basah.

''Kalau saluran nafas atau hidung kering, justru hewan ternak dalam kondisi tidak baik, biasanya terkena panas dalam,'' bebernya.

Pemeriksaan hewan akan dilanjutkan sampai mendekati hari H Idul Adha. Diperkirakan, satu Minggu menjelang Idul Adha, akan banyak pedagang musiman yang menggelar dagangannya di pinggir-pinggir jalan. Hewan dagangan ini juga akan menjadi target pemeriksaan ternak menjelang Idul Adha.

Selanjutnya, petugas akan melakukan pengawasan pada saat penyembelihan hewan kurban. Pengawasan dilakukan di pusat-pusat penyembelihan yang tersebar di 16 kecamatan.



Penulis : Ahmad Zaenal Mustofa

Editor   : Ahmad Zaenal Mustofa


Flashdisk Ribuan Kitab PDF