Duta Seni Jepara Tampil dalam Borobudur International Festival
Cari Berita

Duta Seni Jepara Tampil dalam Borobudur International Festival

Klikfakta.com
Sabtu, 06 Juli 2019


Klikfakta.com, MAGELANG - Duta seni Kabupaten Jepara mengikuti Borobudur International Arts and Performance Festival (BIAPF) 2019 di taman Lumbini Komplek Candi Borobudur dan Candi Pawon di Desa Wanurejo Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Kegiatan yang digelar mulai 5-7 Juli 2019.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Zamroni Lestiaza mengatakan, Borobudur festival ini merupakan kegiatan tahunan yang melibatkan duta seni di Jawa Tengah, termasuk Jepara.

Dengan melihat even tersebut, Zamroni berharap juga dapat diadopsi untuk kegiatan di Kabupaten Jepara, dengan melibatkan para seniman nasional, termasuk mancanegara.

"Tidak haya ikut diluar, tapi kita dapat mengadakan even semacam ini di Jepara. Saya sudah ada komunikasi hal ini dengan para seniman, mereka sudah ada komunitasnya. Tinggal mengemasnya secara menarik," kata dia.

Jepara sendiri mendapat kepercayaan untuk tampil pertama kali dengan mengangkat tari Dewi Trisekti.  Aris Sektiasih dari Sanggar Kinasih mengatakan, tarian ini menceritakan kehebatan tiga tokoh wanita Jepara yaitu Ratu Shima, Ratu Kalinyamat dan Raden Ajeng Kartini.

"Mereka adalah perempuan tangguh Jepara, dengan keberaniannya mereka memiliki peran penting di zamannya," kata dia.

Selain pertunjukan kesenian, juga ada Pameran Tourism Trade and Investment (TTI).Yaitu menampilkan produk unggulan Provinsi sahabat dari DKI Jakarta, Aceh, Lampung, dan Sulawesi Utara, Dekranasda Provinsi Jawa Tengah.

Editor : Ahmad Zaenal Mustofa

Flashdisk Ribuan Kitab PDF