Melalui Lomba Tongtek Diharapkan Mampu Menambah Rasa Persaudaraan
Cari Berita

Melalui Lomba Tongtek Diharapkan Mampu Menambah Rasa Persaudaraan

Ali Akbar
Jumat, 31 Mei 2019

Panitia Gebyar Lomba Tongtek bersama dengan Peserta Tongtek (KF-Ali)
 Klikfakta.com, JEPARA – Tongtek (Istilah Jawa nya Tetek) merupakan tradisi yang digunakan masyarakat Jawa dalam membangunkan sahur saat Ramadan tiba, seiring berjalannya waktu banyak Desa di kab. Jepara melakukan pagelaran lomba Tongtek, salah satunya Desa Guyangan Kec. Bangsri, kab. Jepara.

Sudah Empat Tahun berturut turut Desa Guyangan mengadakan lomba tongtek,  Warga terlihat antusias melihat rangkaian acara  Lomba Gebyar Tongtek yang dilaksanakan di Lapangan Kamdowo Desa Guyangan Kamis (30/05/2019). Lewat acara tersebut diharapkan mampu mempersatukan dan menambah tali persaudaraan warga Desa Guyangan hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Lomba Gebyar Tongtek Muhammad Fatihin saat bertemu klikfakta.

“Kami berharap dengan adanya acara ini mampu mempersatukan dan mempererat rasa persaudaraan warga Desa Guyangan terutama pemuda - pemuda Guyangan”  ujar Fatihin

Memiliki wilayah Desa yang luas dengan banyaknya perkumpulan pemuda, Fatihin yang juga anggota IPNU – IPPNU Desa Guyangan bersama dengan Karang Taruna Bina Sejahtera Desa Guyangan dan Paguyuban Tongtek PERKUSI Desa Guyangan menginisiasi acara lomba gebyar tongtek dengan harapan mampu mempersatukan perkumpulan pemuda yang ada di Desa Guyangan.

“Acara ini di selengarakan oleh IPNU-IPPNU Desa Guyangan, Karang Taruna Bina Sejahtera Desa Guyangan dan Paguyuban Tongtek Desa Guyangan. Dengan harapan lewat seni musik tongtek ini mampu menyatukan pemuda Guyangan, karena Desa Guyangan adalah Desa yang luas dan banyak perkumpulan pemuda di Desa ini sehingga dengan adanya acara ini mereka bisa saling mengenal" Tambahnya.

Lomba Gebyar Tongtek di ikuti oleh 30 tim peserta yang keseluruhan berasal dari Desa Guyangan, peserta harus mempertunjukkan kebolehannya diatas panggung dan akan di nilai oleh Tiga Dewan Juri.

“Ada tiga juri yang akan menilai setelah peserta melakukan pentas di atas panggung, Dewan Juri di ambil dari tiga unsur, Dinas Pariwisata, Lesbumi PCNU Jepara dan Pembina Lomba Ma,arif.”ujarnya

Nantinya dari keseluruhan peserta akan diambil juara satu, dua, tiga dan juga juara harapan satu, dua, dan tiga. Setiap peserta yang memenangkan lomba akan diberi Tropi dan uang pembinaan.

“Pemenang hanya diambil juara satu, dua dan tiga serta juara harapan satu, dua, dan tiga. Setiap pemenang akan diberikan tropi dan uang pembinaan" tandasnya.

Reporter : ALI AKBAR.
Editor : WAHYU KZ.

Flashdisk Ribuan Kitab PDF