Jepara dan Sekitarnya Diguncang Gempa, Ini kata BPBD Jepara
Cari Berita

Jepara dan Sekitarnya Diguncang Gempa, Ini kata BPBD Jepara

Klikfakta.com
Rabu, 22 Mei 2019



titik gempa - istimewa
Klikfakta.com, JEPARA – Meski sempat didaulat menjadi daerah yang aman dari gempa bumi beberapa tahun lalu, nyatanya aktifitas gempa bumi juga menggoyang wilayah Semenanjung Muria dan sekitarnya. Yang terbaru, gempa  bumi berkekuatan magnitudo 4,2 mengguncang Jepara dan sekitarnya. Gempa terjadi sekitar pukul 11.22 WIB pada Rabu (22/5/2019).

Dari hasil analisa BMKG diperoleh parameter pusat  gempa bumi berada di darat pada koordinat 6.69 Lintang Selatan dan 110.78 Bujur Timur, sekitar 14 KM Barat Laut Kudus, pada kedalaman hiposenter 10 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Klas III Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie menyampaikan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hingga saat ini  Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. “Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan tersebut dirasakan di Kudus, Demak, Jepara II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Harian BPBD Kabupaten Jepara Arwin Nor Isdianto yang membenarkan kejadian tersebut. Namun, pihaknya mengaku belum menerima laporan dari masyarakat terkait adanya kerusakan bangunan yang ditimbulkan oleh gempa tersebut.

"Sejauh ini kami belum mendapatkan informasi adanya kerusakan ataupun korban. Cuma memang ada getaran terjadi. Setelah kami cek juga tidak ada penurunan air laut dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Semoga saja aman dan kondusif," ungkap Arwin.

EDITOR : AHMAD ZAENAL MUSTOFA

Flashdisk Ribuan Kitab PDF