BPBD Jepara: Titik Gempa 4,2 SR Berada di Desa Pule Mayong
Cari Berita

BPBD Jepara: Titik Gempa 4,2 SR Berada di Desa Pule Mayong

Ali Akbar
Rabu, 22 Mei 2019

Klikfakta.com, JEPARA - Gempa Bumi berkekuatan 4,2 SR yang terjadi pada Rabu 22/05/2019 Pukul 11:22 Wib, di wilayah lereng Gunung Muria.

Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kab. Jepara melakukan pengecekan titik koordinat 6.69 Lintang Selatan dan 110.78 Bujur Timur, sekitar 14 KM Barat Laut Kudus, pada kedalaman hiposenter 10 kilometer. Hasilnya di ketahui titik gempa berada di dukuhTengger Desa Pule Kecamatan Mayong Jepara Jawa Tengah.

Setelah melakukan pengecekan dan mengetahui titik gempa selanjutnya BPBD Jepara pada pukul 13.00 Wib menugaskan satu tim untuk melakukan assesment. BPBD Jepara menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik.

Apabila ada informasi kerusakan masyarakat diminta dapat menginformasikan kepada pemerintah setempat atau kepada petugas BPBD dengan melengkapi dokumentasi foto untuk pendataan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Stasiun Geofisika Klas III Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie menyampaikan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hingga saat ini  Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. “Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya. 

Flashdisk Ribuan Kitab PDF