Penampakan Gurita Dinasti Politik Marzuqi-Andi Pasca Pemilu 2019
Cari Berita

Penampakan Gurita Dinasti Politik Marzuqi-Andi Pasca Pemilu 2019

Klikfakta.com
Selasa, 23 April 2019

ilustrasi kursi kekuasaan gurita dinasti politik. (KF-istimewa)
klikFakta.com, JEPARA – Genderang pemilu telah ditabuh. Publik menanti hasil akhir pesta demokrasi 2019 ini. Para calon legislative (caleg) dan kerabat atau keluarga mereka penuh harap, doa dan penantian untuk kepastian hasil akhir dari usaha mereka menuju kursi dan kekuasaan.

Ada yang menarik dari Pemilu serentak 2019 ini di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Meski belum diumumkan secara resmi siapa saja pemenang dalam kontestasi politik ini, prediksi pemenang sudah dapat dilihat meski masih bersifat sementara. Saat ini muncul penampakan gurita dinasti politik Jepara, dari kerabat maupun keluarga Bupati dan Wakil Bupati Jepara.

Berdasarkan data yang diperoleh tim klikFakta.com, sudah ada nama-nama caleg yang diprediksi menang dan bisa menikmati kursi di Taman Sari. Menariknya, deretan nama caleg yang notabene keluarga penguasa kota ukir yakni Ahmad Marzuqi sebagai Bupati Jepara dan Dian Kristiandi sebagai Wakil Bupati, melenggang dalam perolehan suara sementara.

Di lingkaran keluarga Ahmad Marzuqi, ada nama-nama seperti Ibnu Hajar yang merupakan anak kandung Marzuqi, Haizul Maarif merupakan menantu Marzuqi dan Masykuri merupakan adik kandung Marzuqi. Sedangkan dari lingkaran keluarga Dian Kristiandi ada nama seperti Hesti Nugroho yang merupakan istri Andi, Hengki Sandi Atmojo merupakan adik kandung Andi.

Masing-masing keluarga maju sebagai caleg dengan menggunakan bendera partai yang sama. Keluarga Marzuqi maju melalui partai PPP sementara keluarga Dian Kristiandi maju melalui bendera PDI-P. Mereka termasuk kategori yang mendapatkan suara paling banyak diantara caleg lain di Dapil masing-masing dalam perhitungan suara sementara.

Secara langsung maupun tidak, pengaruh sosok Bupati dan Wakil Bupati dapat mengangkat perolehan suara mereka. Campur tangan keluarga dalam kontestasi politik tidak dapat dihindarkan. Meskipun belum tentu Marzuqi dan Andi ikut campur tangan secara langsung dalam suksesi anggota keluarganya di Pemilu 2019 ini. Pandangan publik tentu saja sulit untuk melepas pengaruh penguasa Jepara dalam perolehan suara mereka. 

Lantas apa yang dapat didiskusikan melihat fakta tersebut. Salah satu yang dapat didiskusikan lebih lanjut adalah peta politik pemerintahan Marzuqi-Andi pasca penetapan dan pengumuman hasil Pemilu. Pasalnya, bendera partai dari keluarga Marzuqi maupun Andi merupakan partai yang juga mendapatkan suara terbanyak ketimbang partai lain di Jepara, baik PDI-P maupun PPP. Sementara pemilihan pimpinan legislative atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berdasarkan suara partai terbanyak.

Maka bukan mustahil bila nanti jajaran pimpinan DPRD Jepara juga diisi oleh keluarga Marzuqi-Andi. PDI-P yang selama ini berkuasa di kursi DPRD Jepara, bisa jadi memilih keluarga Andi untuk menjadi pimpinan. Dan apakah mungkin istri dari Dian Kristiandi (Andi) melenggang menjadi pimpinan DPRD Jepara jika memang menang dalam Pileg tahun ini. Jika iya, maka peta politik dan kebijakan pemerintahan kedepan akan semakin menarik.

Wahyu Khoiruz Z
Pimred klikFakta.com

Flashdisk Ribuan Kitab PDF