Rekom Usulan Gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat keluar -->
Cari Berita

Rekom Usulan Gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat keluar

Klikfakta.com
Rabu, 20 Maret 2019

Surat Rekomendasi Bupati Jepara (KF-istimewa)
Klikfakta.com, JEPARA - Upaya usulan pemberian gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat yang di gagas Yayasan Dharma Bakti Lestari mendapat dukungan dari Pemerintah Kab. Jepara, tak berselang lama setelah diadakannya  forum diskusi bertajuk "Menghidukan Kembali Gagasan Menjadikan Ratu Kalinyamat Sebagai Pahlawan Nasional", Bupati Jepara Ahmad Marzuki memberikan surat rekomendasi berkait usulan pemberian gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat.

Hal itu disampaikan Perwakilan Yayasan Dharma Bakti Lestari, Nur Hidayat Senin (18/03/2019). surat rekomendasi dari bupati Jepara sudah diterima kemarin, Senin, 18 Maret 2019. Selanjutnya, pihaknya akan segera melengkapi berkas-berkas persyaratan.

“Gagasan ibu Lestari Moerdijat rupanya disambut baik Pak Bupati. Surat rekomendasi sudah turun. Segera akan kami lengkapi berkas persyaratan yang lainnya,” ujar Nur Hidayat, Selasa, 19 Maret 2019.

Sebelum mendapatkan rekomendasi, dirinya sudah melakukan sejumlah rangkaian kegiatan usulan gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat. Seperti mengunjungi situ-situs yang diduga peninggalan Ratu Kalinyamat. Kajian akademik juga sudah dilakukan dengan melibatkan sejumlah sejarawan dan budayawan.

“Forum diskusi dengan organisasi dan elemen-elemen masyarakat juga sudah kami lakukan. Forum itu sepakat gelar Pahlawan Nasional memang layak diberikan untuk Ratu Kalinyamat,” kata Nur Hidayat.

Selain itu Nur Hidayat Menjelaskan saat ini pihaknya tengah mengumpulkan sejumlah berkas persyaratan pendukung lainya dan dalam waktu dekat berencana akan menyelenggarakan seminar nasional guna mengupas Ratu Kalinyamat.

Diketahui Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Jepara sudah dua kali mengusulkan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional kepada pemerintah pusat. Yaitu pada tahun 2005 dan 20016. Namun, dua usalan itu tak membuahkan hasil.

“Berdasarkan surat permohonan dari Yayasan Dharma Bakti Lestari, maka dengan ini Bupati Jepara memberikan rekomendasi, Ratu Kalinyamat untuk diusulkan mendapat Gelar Pahlawan Nasional,” isi rekomendasi yang ditandatangani Bupati Jepata Ahmad Marzuqi.


REPORTER : ALI AKBAR F

EDITOR : WAHYU KZ

Flashdisk Ribuan Kitab PDF