Orang Tua Siswa Partisipasi Biayai Pesta Siaga -->
Cari Berita

Orang Tua Siswa Partisipasi Biayai Pesta Siaga

Klikfakta.com
Sabtu, 30 Maret 2019


Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Jepara, Suliyono (tengah) menyalami perwakilan kontingen Kabupaten Jepara yang berlaga di Pesta Siaga tingkat Binwil Pati. (KF-Zacky)



klikFakta.com, JEPARA - Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengapresiasi peran orang tua  anggota Pramuka Siaga Kabupaten Jepara, yang lolos ke Pesta Siaga tingkat Bimwil Pati, Sabtu (30/3), di Pati. Para orang tua, ikut berpartisipasi menanggung biaya pengiriman kontingen ke lomba antaranggota Pramuka siaga tersebut.

Apresiasi itu dia sampaikan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab), saat melepas kontingen dari Pendapa Kartini, Jumat (29/3). Pelepasan dihadiri Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Jepara, Suliyono. 

 “Tadi saya mendapat laporan dari ketua rombongan bahwa setiap pangkalan hanya mendapat subsidi pembiayaan dari Kwarcab sebesar Rp 1 juta. Sisanya ditanggung bersama oleh Kwarran, pangkalan atau sekolah, dan orang tua. Ini menunjukkan bahwa semangat orang tua dalam kegiatan ini sangat besar. Untuk itu saya ucapkan terima kasih,” kata Marzuqi yang kemudian memberi tambahan biaya sebesar Rp 2 juta. 

Dalam kesempatan tersebut bupati mengatakan, eksistensi pendidikan karakter melalui gerakan kepanduan sangat luar biasa. Dia meminta orang tua terus memberi dukungan positif terhadap kegiatan Pramuka di sekolah masing-masing. Pramuka diyakini memberi bekal kuat dalam menghadapi budaya yang tidak sesuai dengan budaya bangsa. “Hal ini akan menjadikan mereka memiliki penguasaan ilmu pengetahuan yang tinggi dan memiliki iman dan taqwa yang kuat. Anak-anak seperti ini akan mengangkat martabat orang tua,” tandas Marzuqi.

Dia berpesan agar anggota kontingen saat berada di Pati menjaga sikap ramah, murah senyum, dan suka menyapa.  Marzuqi juga mendoakan agar  bisa membawa nama baik Jepara dengan sikap yang baik dan prestasi.

Ketua Bina Muda Kwarcab Jepara yang juga pimpinan rombongan Sudarwanto mengatakan, kontingen yang dikirim merupakan hasil seleksi Pesta Siaga tingkat kabupaten. Baik putra maupun putri, dipilih tergiat satu sampai tergiat tiga yang dikirim ke tingkat Bimwil Pati. 

Di barung putra, tergiat satu sampai tergiat tiga berasal dari MI Darul Huda 2 Karanggondang Mlonggo, MI Datuk Singorojo Kerso Kedung, dan MI Mathalibul Huda Mlonggo. Sedangkan di Barung putri, berasal dari SD N 1 Panggang Jepara, SDN 2 Krasak Bangsri, dan SDN 2 Bucu, Kembang. “Total kontingen sebanyak 60 Pramuka Siaga sebagai peserta. Lalu 6 bina damping, 1 pimpinan kontingen, dan 6 juri kwarran, dan 2 juri kwarcab,” kata Sudarwanto.

Di Bimwil Pati, akan dipilih 3 barung tergiat putra dan putri yang akan mengikuti lomba lanjutan tingkat Kwarda Jateng, April mendatang.



EDITOR : A. ZAENAL MUSTOFA

Flashdisk Ribuan Kitab PDF