Diduga Limbah B3 Dibuang Sembarangan, Warga Kaliaman Protes -->
Cari Berita

Diduga Limbah B3 Dibuang Sembarangan, Warga Kaliaman Protes

Klikfakta.com
Kamis, 21 Februari 2019

Urugan diduga dari limbah B3 di Desa Kaliaman Kawasan PLTU TJB. (KF/ALI AKBAR)
klikfakta.com, Jepara - Sejumlah warga Desa Kaliaman, Kab. Jepara memprotes adanya limbah yang di duga berjenis B3 yang di buang di salah satu lahan warga Duku Semprit RT 02/02 hal itu sampaikan Kismianto salah satu warga Desa Kaliaman saat di temui klikfakta Rabu (20/02/2019).

"Kami tidak setuju kalau ada limbah B3 yang dibuang di desa kami" Protes Kismianto

Sesaat setelah mendapat informasi adanya pengiriman limbah dari pltu warga langsung mendatangi lokasi dan menghentikan truck dump pengangkut limbah, sayangnya sebelum kedatangan warga sudah ada 2 truck dump yang membuang limbah di situ.

"Kita langsung menuju lokasi saat mendengar ada pengiriman limbah, kita langsung hentikan tapi di lokasi sudah ada 2 truck yang membuang limbah" cerita Kismianto

Selain itu dirinya juga menyayangkan sikap plinplan Kepala Desa, menurutnya sebelum kejadian warga sudah mendengar informasi tersebut dan sudah meminta penjelasan dari Kepala Desa namun saat itu Kepala Desa menjawab tidak mengetahui akan adanya informasi tersebut tapi jawaban berbeda di dapat warga, ketika kejadian pembuangan limbah warga meminta penjelasan dari Kepala Desa dan dirinya mengakui adanya pembuangan limbah dari Pltu di Desanya.

"Sebenarnya seminggu sebelumnya kita sudah mendengar akan ada limbah yang di buang di Desanya, tapi saat kami minta penjelasan informasi tersebut ke Kepala Desa beliau tidak mengetahui akan adanya pembuangan limbah, saat kejadian justru Kepala Desa mengaku lupa dan membenarkan adanya pembuangan limbah"  ujar Kismianto

Selain limbah warga juga mempertanyakan adanya isu permintaan uang pengiriman limbah ke kas RT sebesar Rp. 150.000/truck untuk biaya pengangkutan.

"katanya juga ada permintaan pembayaran limbah sebesar Rp.150.000 ke kas RT , kalau itu limbah kenapa harus bayar"


Reporter : ALI AKBAR
Editor : WAHYU KZ

Flashdisk Ribuan Kitab PDF