Kreasi Anak-anak Karimunjawa Akan Dipamerkan di ArtKids 2018 -->
Cari Berita

Kreasi Anak-anak Karimunjawa Akan Dipamerkan di ArtKids 2018

Klikfakta.com
Minggu, 19 Agustus 2018

Anak-anak di Karimunjawa sedang berkreasi. (KF-089)
klikFakta.com, JEPARA – Jumat, 17 Agustus 2018  Anak-anak di Desa Kemojan, Kecamatan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, memperingati HUT Republik Indonesia dengan bermain layang-layang bersama di Pantai Bunga Jabe. Adik-adik  TK & Paud dibantu kakak-kakak  dari Rumah Belajar Ilalang merangkai kertas, bambu, dan benang menjadi layang-layang, kemudian dilukis dan diterbangkan bersama.

Selain dari adik-adik TK  &  Paud. Dalam agenda loka karya tersebut juga diikuti  oleh adik-adik SD, mereka membuat alat musik  Samplung. Seruling dari bahan baku buah nyamplung, tumbuhan endemic Karimunjawa.  Samplung adalah alat musik  baru, hasil  inovasi dari  kakak-kakak  seniman mengajar yang sudah selama tiga pekan berada di Kemojan, Karimunjawa. Seruling dengan bahan baku buah nyamplung yang melimpah, dan proses pembuatan yang mudah, sehingga anak-anak juga bisa membuatnya.

Mas Fikri salah satu dari seniman mengajar yang konsentrasi pada seni musik mengatakan kegiatan ini bisa menjadi salah satu cara untuk memanfaatkan  potensi  Karimunjawa yang belum  maksimal, terutama hasil tumbuhan lokal sini.  “Selain menjadi alat musik, semoga Samplung juga bisa menjadi salah satu produk  kerajinan khas Karimunjawa,” harapnya.

Selain Samplung, anak-anak juga membuat boneka dengan memanfaatkan buah nyamplung. Loka Karya yang diselenggarakan mulai siang sampai sore ini diikuti oleh 30 anak  dari RA Mambaul Ulum dan TK/Paud Permata Bunda, Batu Lawang, Kemojan, Karimunjawa, SD 1 Kemojan dan anak-anak sekitar Bunga Jabe.

Den Hasan dari Rumah Belajar Ilalang menyebutkan,  beberapa  karya dari loka karya ini akan dibawa untuk dipamerkan  saat ArtKids pada tanggal 14-16 September 2018 nanti. Kegiatan pameran kreasi anak tersebut diselenggarakan oleh Rumah Belajar Ilalang dan bekerjasama dengan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Jepara.

“Jadi, selain memberikan edukasi, kami juga memberi ruang apresiasi pada karya seni anak.” katanya.

Dalam loka karya ini selain berkarya, anak-anak juga diajak bercerita tentang karyanya, dan memotret temannya berasama karyanya. “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi anak-anak , terutama karena ini pengalaman pertama bagi mereka.” Pungkas Kak Opeck salah satu pengelola Bunga Jabe.

klikFakta.com/wahyu-089


Flashdisk Ribuan Kitab PDF