Bendungan Logung Akan Jadi Destinasi Wisata Baru -->
Cari Berita

Bendungan Logung Akan Jadi Destinasi Wisata Baru

Klikfakta.com
Jumat, 31 Agustus 2018


klikFakta.com, KUDUS – Pemanfaatan infrastruktur pengairan yang dirintis sejak 1970-an yakni Bendungan Logung di perbatasan Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo dan Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, akan dilakukan setelah pembangunan fisik selesai. Hingga kemarin, pembangunan bendung sudah mencapai 92 persen dari target 88 persen.

Target penyelesaian normatif 18 Desember 2018, namun kemungkinan dapat dituntaskan Oktober. Penjabat Bupati Kudus Riena Retnaningrum, Kamis (30/8/2018) menyebut pengoptimalan dilakukan melalui penataan kawasan. Upaya lain, mengkaji penambahan infrastruktur tambahan untuk mendukung pemanfaatan kawasan itu.

”Kami akan mengoptimalkan manfaat Bendungan Logung bagi masyarakat,” katanya. Bahkan, Pemkab Kudus juga memikirkan penataan kawasan hulu yakni lereng Gunung Muria. Pasalnya, kelestarian kawasan tersebut akan berdampak pasokan air ke bendungan.

Upaya pelestarian kawasan atas dengan menggandeng sejumlah pihak telah disiapkan. Tidak hanya pemerintah daerah yang bergerak, warga harus berperan aktif dalam pengembangan Bendung Logung. Mereka yang akan memanfaatkan pengairan.

Sekda Kudus Sam’ani Intakoris, menambahkan terkait pemanfaatan Bendung Logung untuk pariwisata, Pemkab Kudus akan mengupayakan pembangunan taman-taman di sekitarnya. Lokasi taman berada di sekitar green belt atau sabuk hijau.

”Juga infrastruktur lainnya yang mendukung pemanfaatan bendung,” ujarnya. Asisten Pemerintahan Setda Kudus, Agus Budi Satrio menyatakan, sosialisasi pemanfaatan Bendung Logung sudah dilakukan. Pihaknya akan memfasilitasi pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk pengelolaan. ”Termasuk mendorong pembentukan kelompok sadar wisata,” tandasnya.

klikFakta.com/sumber:Suara Merdeka/011

Flashdisk Ribuan Kitab PDF