922 Rumah di Satu Desa di Jepara ini Belum Miliki Jamban -->
Cari Berita

922 Rumah di Satu Desa di Jepara ini Belum Miliki Jamban

Klikfakta.com
Kamis, 24 Mei 2018

ilustrasi
klikFakta.com, JEPARA – Sebanyak 922 rumah dari total 2.888 rumah di Desa Pancur, Kecamatan Mayong, Jepara belum memiliki jamban (WC). Untuk mendukung gerakan bebas dari buang air besar (BAB) sembarangan, Pemerintah Desa Pancur menyiapkan program bantuan kloset angsa dan stimulan satu sak semen.

”Target kami, tahun 2019 Desa Pancur sudah bebas dari BAB sembarangan,” ujar Petinggi Pancur Miftahurrokib saat menerima bantuan 23 kloset yang diserahkan Danramil 05/Mayong Kapten Inf Nur Khamid di Balai Desa Pancur, Selasa lalu seperti dikutip suaramerdeka.

Dikatakannya, dia mengerahkan kader kesehatan untuk melaksanakan sensus rumah secara merata di lima pedukuhan. Diketahui, hampir sepertiga rumah belum memiliki jamban keluarga.

Untuk itu, Pemdes Pancur mengadakan program jambanisasi dimulai 2017 lalu sebanyak 200 jamban, 2018 ini 350 jamban ditambah bantuan dari Koramil Mayong 23 buah. Sehingga sisanya tuntas tahun depan. ”Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan Koramil Mayong.

Dengan demikian turut mempercepat terealisasinya program yang telah kami siapkan. Kami sangat terbuka jika ada pihak yang membantu progam jambanisasi,” terangnya. Danramil 05/Mayong Kapten Inf Nur Khamid mengutarakan, pengadaan jamban keluarga merupakan bagian dari pelaksanaan program karya bakti Kodim 0719 Jepara.

Dandim Letkol Czi Fachrudi Hidayat telah memerintahkan agar bantuan kloset benar-benar tepat sasaran kepada warga yang sangat membutuhkan. ”Keberhasilan program pembuatan jamban sangat mendukung keberhasilan program larangan BAB di sembarang tempat,” terang Nur Khamid.

Sumber : SuaraMerdeka
Editor : 089/W

Flashdisk Ribuan Kitab PDF