Lampion & Aksi Teatrikal Meriahkan Pesta Baratan Kalinyamatan
Cari Berita

Lampion & Aksi Teatrikal Meriahkan Pesta Baratan Kalinyamatan

Klikfakta.com
Senin, 30 April 2018

Salah satu adegan dalam Pesta Baratan Kalinyamatan Jepara. (KF-088)

klikFakta.com, JEPARA – Pesta Baratan kembali digelar Minggu (29/4/2018) malam di Kalinyamatan Jepara. Tahun ini menjadi tahun ke 14 pelaksanaan Pesta Baratan Kalinyamatan. Ada banyak hal baru yang dimunculkan. Salah satunya teatrikal yang diusung saat arak-arakan Pesta Baratan.

Tahun ini ada sekitar 100 orang yang dilibatkan dalam arak-arakan Pesta Baratan. Mereka memerankan tokoh Ratu Kalinyamat, Sunan Kalijaga, prajurit, penari puli, penari lampion, sapu jagad, penabur bunga dan lainnya.

Panitia memunculkan cerita pengangkatan Retno Kencono sebagai ratu. Cerita diawali dengan pemberontakan Ki Bonjot dan Ki Rengging yang akhirnya berhasil ditumpas oleh Retno Kencono. Usai menumpas pembetontak itu doa diangkat jadi ratu. Teatrikal ditampilkan sesuai versi cerita rakyat.

Ketua Yayasan Lembayung Kalinyamatan yang merupakan penyelenggara kegiatan, Winahyu Widayati mengatakan, Pesta Baratan digelar untuk nguri-uri kearifan lokal yang ada di wilayah Kalinyamatan.

“Tahun ini gelaran lebih meriah. Satu hari sebelum arak-arakan diselenggarakan lomba lampion. Lampion-lampion itu juga diikutsertakan dalam arak-arakan,” katanya.

Menurutnya, kali ini arak-arakan juga dimeriahkan angklung akustik (angklungstik). Ada juga musik pengiring yang akan menyemarakkan arak-arakan.

Khusus untuk tahun ini, gelaran Pesta Baratan dimulai dengan doa bersama di Masjid Al Makmur selepas Isya. Setelahnya dilakukan arak-arakan mulai dari KUD Kalinyamatan ke arah utara menuju Lapangan Desa Banyuputih. Di sana akan ditampilkan teatrikal Ratu Kalinyamat.

Salah satu anggota DPRD Kab. Jepara yang juga dari Kalinyamatan, Nur Hidayat, sangat mengapresiasi acara tersebut dan warga antusias dalam ikut serta dalam arak arakan ini disamping itu dia menegaskan untuk pemerintah daerah bisa mendukung acara-acara seperti ini karena mengangkat kearifan lokal yang mengandung nilai sejarah tentang Jepara.

klikFakta.com/088-Aris Susanto

Flashdisk Ribuan Kitab PDF