Jangan Recehan.! Media Online Harus Buat Berita yang Menarik -->
Cari Berita

Jangan Recehan.! Media Online Harus Buat Berita yang Menarik

Klikfakta.com
Sabtu, 28 April 2018

Imam Subagyo (sekretaris) - dari kiri, Rahmat Dakwah (Ketua), dan Mastur Darori (penasehat) PWOI Jateng. (KF-089)
klikFakta.com, SEMARANG – Organisasi yang menangui wartawan media online, yakni Perkumpulan wartawan Online Independen (PWOI) Jawa Tengah telah terbentuk. Susunan kepengurusan telah dilengkapi dan disepakati dalam pertemuan di Jln. HOS Cokroaminoto No.23 Semarang pada, Jumat (27/4/2018).

Hadir dalam pertemuan tersebut sejumlah wartawan dari berbagai media online yang ada di Jawa Tengah. Seperti dari Pekalongan, Kendal, Semarang, Demak, Pati, Jepara, dan beberapa wartawan media online lainnya dari kota/kabupaten se-Jawa Tengah. Selain itu, hadir pula beberapa penasehat PWOI Jateng dalam acara tersebut.

Salah satu Dewan Penasehat PWOI Jateng, Mastur Darori menyampaikan pesan khusus kepada para pengurus. “Sebagai wartawan media online, harus membuat berita yang menarik, jangan recehan. Karena karakter media online berbeda dengan media cetak. Cetak biasa dengan yang datar-datar saja, tetapi media online harus yang benar-benar menarik,” kata Mastur.

Sementara itu, Ketua PWOI Jateng Rahmat Dakwah mengatakan, saat ini eranya sudah berubah. Media online menjadi media terdepan dan paling besar dalam mempengaruhi kebijakan pemerintah di negeri ini. Hal ini terjadi karena akibat dari kemajuan tehnologi yang kian pesat.

“Dengan media online, orang sudah bisa cepat mengetahui peristiwa atau kejadian tertentu dalam waktu yang singkat. Ini berbeda dengan karakter media cetak yang harus menunggu esoknya untuk bisa diakses oleh pembaca,” terangnya.

Meski media online unggul dalam hal kecepatan, kata Rahmat, wartawan media online juga harus mengedepankan standart jurnalistik. “Seperti 5W+1H, akurasi data dan keberimbangan. Itu harus diperhatikan,” tandasnya.

Keberadaan PWOI Jateng ini diharapkan dapat mengakomodir keberadaan wartawan media online, yang selama ini berkembang begitu pesat seiring dengan kemajuan tehnologi era-digital ini. Diharapkan wartawan yang bekerja di media online mendapatkan tempat yang tepat di hati masyarakat maupun di jajaran pemerintahan selaku mitra kerja wartawan.

Kedepan, PWOI Jateng akan menggelar berbagai pertemuan baik dalam rangka koordinasi antar pengurus dan anggota maupun dalam rangka meningkatkan kompetensi wartawan.

klikFakta.com/089-Wahyu

Flashdisk Ribuan Kitab PDF