Dosen FDK Unisnu Latih Para Pengajar Madrasah di Jepara
Cari Berita

Dosen FDK Unisnu Latih Para Pengajar Madrasah di Jepara

Klikfakta.com
Sabtu, 28 April 2018


Para dosen FDK Unisnu Jepara bersama para pengajar madrasah di Mlonggo, Jepara. (KF/FDK-Unisnu)
klikFakta.com, JEPARA- Tim Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Unisnu Jepara melaksanakan kegiatan pengabdian reguler kepada masyarakat di salah satu desa di Kabupaten Jepara. Bentuk pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan Penguatan Kelembagaan Kelompok Pengajar Madrasah Diniyah Al Ikhlash di Desa Karanggondang, Mlonggo, Jepara selama tiga hari, 24-26 April 2018.

Acara ini  diikuti oleh semua kelompok pengajar Madrasah Diniyah dan TPQ Al Ikhlash Desa Karanggondang, Molonggo, Jepara yang didampingi langsung oleh tim dosen dari Fakuktas Dakwah dan Komunikasi Unisnu Jepara. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk penguatan kelembagaan di bidang sistem pengelolaan manajamen, sistem pengelolaan administrasi dalam lembaga, dan penguatan dibidang komputer.

Khoirul Muslimin, S.Sos.I., M.I.Kom., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam kelembagaan diperlukan sebuah sistem pengelolaan manajemen dan pengelolaan keadministrasian yang baik. Hal itu juga diungkapkan oleh Ahmad Syafaat selaku kepala Madrasah Diniyah Al Ikhlas yang merasa senang mendapatkan kesempatan sebagai salah satu lembaga yang menjadi mitra dalam acara tersebut. Karena selama ini dalam Madrasah Diniyah Al Ikhlash sistem pengelolaan manajemen dan sistem pengelolaan administrasinya belum berjalan dengan baik, serta kemampuan para pengajar dalam mengoperasikan komputer juga masih kurang baik. Oleh karena itu, dengan berlangsungnya kegiatan pengabdian ini, kendala-kendala yang dihadapi oleh pihak Madrasah Diniyah Al Ikhlash Desa Karanggondang bisa teratasi.

Narasumber pada kegiatan pengabdian ini merupakan tim dosen dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Unisnu Jepara, yaitu Ibu Murniati, S.Sos.I., M.S.I., Bapak Khoirul Muslimin, S.Sos.I., M.I.Kom., dan Ibu Mahfudloh Fajrie, S.Sos.I., M.S.I. Program ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut yang bertempat di Madrasah Diniyah Al Ikhlas yang terletak di Desa Karanggondang Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara.

Pada hari pertama pelaksanaan, materi yang pertama diberikan adalah tentang Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah yang disampaikan langsung oleh Ibu Murniati, S.Sos.I., M.S.I. Sedangkan pada hari kedua, materi yang diberikan adalah tentang tata kelola administrasi kelembagaan yang disampaikan langsung oleh Bapak Khoirul Muslimin, S.Sos.I., M.I.Kom. Kemudian dilanjutkan pada hari ketiga, materi yang diberikan adalah tentang penguatan komputer Microsoft Word dan Microsoft Excel oleh Ibu Mahfudloh Fajrie, S.Sos.I., M.S.I.

Tim Dosen dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Unisnu Jepara selaku pelaksana kegiatan pengabdian dan juga pemateri dalam acara tersebut berharap supaya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kelompok pengajar Madrasah Diniyah Al Ikhlas Desa Karanggondang dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kelembagaan yang lebih baik lagi. Kemudian materi-materi yang sudah didapatkan selama tiga hari berturut-turut tersebut bisa diaplikasikan dengan baik sesuai dengan tugas, pokok, dan fungsi sebagaimana mestinya.

klikFakta.com/FDK Unisnu/Firda

Flashdisk Ribuan Kitab PDF