Politik Kesejahteraan Pekerja Jadi Fokus K-SPSI Jawa Tengah -->
Cari Berita

Politik Kesejahteraan Pekerja Jadi Fokus K-SPSI Jawa Tengah

Klikfakta.com
Minggu, 18 Maret 2018

Para peserta dengan pemateri dan pengurus K-SPSI Jateng berfoto bersama usai kegiatan pelatihan dan dialog di hotel Palm Beach Bandengan Jepara. (KF-089)

likFakta.com, JEPARA – Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) Jawa Tengah menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka hari pekerja dan ulang tahun ke-45 di Kabupaten Jepara mulai 16 hingga 18 Maret 2018. Salah satu kegiatan yang digelar adalah pelatihan penguatan organisasi dan dialog pendidikan politik.

Pelatihan penguatan organisasi dan dialog tentang pendidikan politik digelar di hotel Palm Beach, Bandengan Jepara pada 16 dan 17 Maret 2018. Peserta kegiatan terdiri dari pengurus K-SPSI tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Khusus untuk kegiatan tersebut, K-SPSI Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinas Kesbangpol Provinsi Jateng, dan Lembaga Gerak Pemberdayaan, dengan tema "Melalui Pendidikan Politik Kita Sukseskan dan Wujudkan Pilkada Serentak yang Aman dan Damai.

Sekretaris K-SPSI Jawa Tengah, Ipung menjelaskan, di tahun-tahun politik ini, K-SPSI tidak dukung mendukung. Namun lebih kepada bagaimana calon pemimpin yang ada saat ini semuanya memiliki program terkait kesejahteraan bagi pekerja.

“Bukan mengenai mendukung calon siapa, tetapi kami menekankan agar siapapun pemimpinnya, semuanya harus memiliki program kesejahteraan pekerja. Jadi bukan politik praktis,” ujar Ipung.

Ia menerangkan, mengenai kesejahteraan banyak kaitannya tentang pelatihan kerja, penguatan kelembagaan, hingga pemberdayaan pekerja. Diakuinya masih banyak pekerja yang belum memahami betul mengeni aturan tentang tenagakerja, sehingga perlu juga pelatihan dan pemahaman tentang ketenagakerjaan.

Ia juga mengemukakan, selain mengenai kesejahteraan, kondusifitas daerah tetap menjadi yang utama bagi K-SPSI. Sebab, dengan daerah yang kondusif, akan banyak menarik investor untuk masuk. Kabupaten Jepara, kata dia, menjadi salah satu kota jujugan para investor.

Ketua DPD K-SPSI Jateng, Suhartoyo menambahkan, pihaknya berharap media bisa membantu terkait kesejahteraan pekerja. Sebab, kata dia, media memiliki kekuatan besar dalam semua hal.

“Saat ini anggota SPSI yang terverifikasi ada sekitar 500 ribu orang. Itu belum termasuk yang belum terverifikasi karena kendala e-KTP. Kami berharap media dapat mengangkat isu pekerja tidak hanya isu pinggir, tetapi isu tengah. Itu penting untuk membantu kesejahteraan pekerja,” imbuhnya.

Selain kegiatan tersebut, K-SPSI Jawa Tengah bersama dengan K-SPSI Jepara juga menggelar acara jalan sehat di objek wisata pantai Kartini Jepara, Minggu (18/3/2018). Acara yang dimeriahkan oleh penyanyi kondang, Edot Arisna tersebut, sedikitnya tiga ribu peserta hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua DPC K-SPSI Jepara, Murdiyanto mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan hari pekerja dan ulang taun ke-45 K-SPSI. Ia berharap melalui kegiatan yang dipusatkan di wilayah Jepara ini mampu mendongkrak semangat para pekerja dalam mewujudkan kesejahteraan.

klikFakta.com/089


Flashdisk Ribuan Kitab PDF