890 Warga Jepara Mengidap HIV/AIDS
Cari Berita

890 Warga Jepara Mengidap HIV/AIDS

Klikfakta.com
Rabu, 28 Maret 2018

Ilustrasi HIV/AIDS

klikFakta.com, JEPARA – Jumlah pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Jepara tergolong sangat banyak. Dari catatan Pemkab Jepara, ada sekitar 890 orang dengan HIV/AIDS atau ODHA. Dari total pengidap HIV/AIDS tersebut, diketahui yang meninggal sebanyak 205 orang.

Data tersebut merupakan data di Pemkab Jepara sejak 1997 sampai akhir 2017 lalu. Sedangkan untuk tahun 2017 sendiri, jumlah pengidap HIV/AIDS di Jepara mencapai 149 orang. Dari jumlah selama tahun 2017 tersebut, diketahui telah meninggal sedikitnya delapan orang.

Hal itu seperti yang disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setyadi, yang membacakan sambutan Bupati Ahmad Marzuqi dalam pelatihan pemulasaraan jenazah, di gedung serbaguna Setda Jepara, Selasa (27/3/2018).

Lebih lanjut dikatakannya, jika ODHA tersebut meninggal di rumah sakit, tentunya bukan menjadi suatu masalah karena akan ditangani oleh petugas. Namun ketika pemulasaran dilakukan di tengah masyarakat, maka akan menimbulkan persoalan tersendiri akibat faktor minimnya pengetahuan.

“Sehingga, seringkali kita masih mendengar bahwa terdapat kelompok masyarakat yang enggan, tidak berani, bahkan menolak melakukan pemulasaran jenazah ODHA karena takut tertular virus HIV,” ujar Setyadi.

Menyikapi banyaknya jumlah angka kematian orang dengan HIV/AIDS (ODHA), Pemkab Jepara melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda melakukan pelatihan pemulasaraan jenazah. Melibatkan sedikitnya 50 peserta dari modin se Kabupaten Jepara.

klikFakta.com/089-Wahyu KZ

Flashdisk Ribuan Kitab PDF