Iklan

iklan

Kesehatan 432 Ribu Warga Jepara Belum Dijamin Pemerintah

Klikfakta.com
Sabtu, 10 Februari 2018 | 09:51 WIB Last Updated 2018-02-10T02:51:42Z
Flashdisk Ebook Islami
ilustrasi-warga terbaring di rumah sakit. (KF-089)
klikFakta.com, JEPARA – Meskipun Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah berjalan, faktanya masih ada sekitar 432 ribu warga atau penduduk Jepara, Jawa Tengah yang belum mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah.

Sampai saat ini, Kabupaten Jepara dengan data akhir 2017, prosentase warga yang tercatat sebagai peserta JKN-KIS sebanyak 64 persen dari total warga Kabupaten Jepara sekitar 1,2 juta jiwa. Sehingga sisanya sekitar 36 persen belum mendapatkan JKN-KIS.

Hal itu diakui oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Sholih, saat membacakan sambutan Bupati Jepara saat membuka kegiatan sosialisasi program JKN-KIS di Gedung Serbaguna Setda, Rabu (7/2/2018).

“Sehingga terdapat sekitar 31 persen yang harus mendaftar untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau jaminan kesehatan semesta khususnya di Jepara agar tercapai angka 95 persen, sehingga  dapat mempunyai akses terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu,” kata Sholih.

Pihaknya berharap, dengan melibatkan seluruh camat dan kepala desa se-Kabupaten Jepara, diharapkan muncul pendekatan territorial dalam proses edukasi program JKN-KIS.

Selain itu, Pemkab Jepara juga menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD, dan Badan Usaha Swasta untuk mendaftarkan seluruh pekerja dan anggota keluarganya dalam program JKN. “Hal itu sejalan dengan Inpres Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan program JKN,” kata Sholih.

klikFakta.com/089

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kesehatan 432 Ribu Warga Jepara Belum Dijamin Pemerintah

Viral News

Iklan

iklan