Belum Lama Dibangun, Pondasi Puskesmas Keling 2 Ambles
Cari Berita

Belum Lama Dibangun, Pondasi Puskesmas Keling 2 Ambles

Klikfakta.com
Sabtu, 10 Februari 2018

Pihak kepolisian bersama TNI mengecek lokasi pondasi bangunan puskesmas keling 2 yang ambles. (KF-doc.istimewa)

klikFakta.com, JEPARA – Belum lama dibangun, sebuah pondasi bangunan di area Puskesmas Keling 2 yang berlokasi di Desa Keling RT 02 RW 01 Kecamatan Keling Kabupaten Jepara, sudah ambles. Proyek pembangunan pondasi bangunan tersebut diketahui selesai di kerjakan beberapa waktu lalu saja di tahun 2017. 

Peristiwa amblesnya pondasi tersebut sudah nampak pada Kamis (8/2/2018) dini hari. Kemudian semakin parah terjadi pada Jumat (9/2/2018). Hal itu seperti hasil pengecekan dari pihak kepolisian setempat.

Ambles  pertama dengan ukuran sekitar 2 meter. Kemudian, diketahui kedua ambles sekitar panjang 14 meter, luas 2 meter, dan tinggi 6 meter. Selanjutnya pada Jumat (9/2/2018) sekitar pukul 14.00 WIB, pondasi yang ambles semakin parah.

Tak hanya pondasi yang ambles saja, namun juga merambat ke area tanah mesin pengelolaan limbah. Bahkan, tabung penyaringan air limbah juga sudah ambles ke dasar lambiran sungai.

Sementara itu, berdasarkan keterangan penjaga malam Puskesmas Keling 2, Jumadi, masih dimungkinkan adanya pondasi yang amblas dikarenakan curah hujan yang tinggi dan tanah pondasi merupakan tanah urugan.

Akibat peristiwa tersebut, pihak Puskesmas mengalami kerugian materiil  yaitu pondasi dan tanah ambles yang diperkirakan mencapai belasan juta rupiah. Beruntung amblesnya pondasi bangunan tersebut tidak ada korban jiwa.

Kapolsek Keling, AKP I D.G. Mahendra menambahkan, perlu diketahui bahwa bangunan utama Puskesmas Keling 2 sangat dekat dengan pondasi yang ambles. Menurut dia, potensi ancaman tanah longsor di Kecamatan Keling  tergolong masih tinggi, selain curah hujan yang cukup tinggi sebagian besar wilayah kecamatan Keling juga merupakan daerah perbukitan.

klikFakta.com/089


Flashdisk Ribuan Kitab PDF