Tiga Posisi Panwaslu Desa di Jepara Belum Terisi, Dibuka Pendaftaran Susulan -->
Cari Berita

Tiga Posisi Panwaslu Desa di Jepara Belum Terisi, Dibuka Pendaftaran Susulan

Klikfakta.com
Rabu, 17 Januari 2018

Prosesi pelantikan Panwaslu Desa se-Kecamatan Nalumsari dihadiri oleh jajaran Muspika Nalumsari, di Hotel Abbas Kudus.(KF-089)
klikFakta, JEPARA – Jajaran Panwaslu Kecamatan (Panwascam) di seluruh kecamatan telah melantik Panwaslu Desa, akhir pekan kemarin. Namun khusus untuk Desa Bendanpete dan Karangnongko Kecamatan Nalumsari dan Bandungharjo Kecamatan Donorojo kursi Panwas Desa itu masih kosong.

Ketua Bawaslu Kabupaten Jepara, Arifin menerangkan, pengisian kursi Panwaslu Desa yang kosong tersebut, sudah ada solusi. Dari hasil kordinasi dengan Bawaslu Provinsi Jateng, skema pengisian melalui proses seleksi kembali. Namun akhir dari proses tersebut baru dilakukan pada 29 Januari. Yakni proses pelantikan.

“Maka untuk sementara, Panwascam yang membawahi tiga desa itu kami instruksikan untuk mengawal tiga desa yang masih kosong tersebut. Termasuk pengawalan Coklit hingga kursi terisi,” tutur Arifin.

Proses penjaringan calon Panwas Desa di tiga desa tersebut cukup singkat. Diawali proses pengumuman dan penyerahan berkas pendaftaran pada 14-18 Januari. Dilanjut dengan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 20 Januari. Tes wawancara dilakukan pada 22 hingga 24 Januari. Diakhiri dengan pelantikan pada 29 Januari.

Dua calon dari Desa Bendanpete Kecamatan Nalumsari yang langsung dinyatakan tak lulus dalam proses seleksi, baru-baru ini. Alasannya, karena terindikasi sebagai anggota Parpol. Satu calon lainnya dinilai tak layak.

Sementara di Desa Karangnongko kosong karena tak satupun dinilai layak sebagai pengawas pemilu dalam gelaran Pilgub tahun ini. Demikian pula di Desa Bandungharjo Kecamatan Donorojo.

Sementara soal syarat Panwaslu Desa yang terpilih ini diharuskan menyerahkan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), Arifin menegaskan jika semua Panwas Desa terpilih sudah menyerahkannya. Sehingga bisa dipastikan kesemuanya bebas narkoba. Sementara untuk dokumen hasil tes kejiwaan masih dalam proses.

Terpisah, anggota Panwascam Nalumsari Wahyu Khoiruzzaman menerangkan, sejak Minggu kemarin pihaknya telah mengumumkan pendaftaran. Pihaknya pun tengah bersiap untuk mengawal pemutkhiran data di dua desa yang belum ada Panwaslu Desa tersebut.

“Kami berharap banyak warga pendaftar untuk mengisi Panwas Desa Bendanpete dan Karangnongko,” imbuhnya.

klikFakta.com/089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF