Anggaran Pembangunan Jepara Sering Menumpuk di Akhir Tahun -->
Cari Berita

Anggaran Pembangunan Jepara Sering Menumpuk di Akhir Tahun

Klikfakta.com
Kamis, 14 Desember 2017


klikFakta.com, JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara melakukan pembenahan dalam memperbaiki kualitas serapan anggaran. Salah satunya adalah dengan memperbaiki sistem penyerapan anggaran agar tak banyak menumpuk di akhir tahun dan membuat penggunaannya berjalan optimal.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dalam sambutan tertulis, yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Sholih, Bupati menginstruksikan kepada seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera merencanakan pelaksanaan kegiatan. Sehingga serapan anggaran merata sepanjang tahun. “Karena selama ini serapan anggaran cenderung dimulai di pertengahan tahun anggaran dan menjelang akhir tahun anggaran,” ujarnya, Rabu (13/12/2017) di Pendapa Kabupaten saat Sosialisasi Peraturan Bupati Jepara Nomor 44 Tahun 2017, tentang petunjuk teknis pelaksanaan kegaitan pembangunan tahun 2018.

            Hadir pada kegaitan tersebut, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Sujarot, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Anwar Haryono, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Edy Sujatmiko, serta para peserta yakni Pimpinan OPD, yaitu Kepala Dinas/Badan/Kantor/Instansi di Kabupaten Jepara selaku penanggungjawab kegiatan dan pengguna anggaran.

Percepatan pelaksanaan kegiatan yang merata sepanjang tahun, menurut Ahmad Marzuqi, akan berdampak pada berputarnya sektor-sektor ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, program atau kegiatan yang ada harus dapat didayagunakan sebesar-besarnya untuk meningkatkan produktifitas dan peningkatan kualitas pelayanan masyarakat, pemberdayaan masyarakat, serta pengamanan dan perlindungan sosial yang dalam pengelolaannya diperlukan tindakan yang efisien dan efektif, hemat dan tidak boros. “Pengelolaan kegiatan pembangunan harus menuju ke arah yang lebih baik, bersih, transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan. Baik secara fisik maupun keuangan serta mempunyai kemanfaatan dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat banyak,” tegasnya.

            Bupati Jepara berharap, pencapaian kinerja tahun 2017 yang telah baik agar dipertahankan dan ditingkatkan, dan yang masih kurang baik agar disempurnakan pada tahun 2018, dengan mengutamakan peningkatan kualitas pekerjaan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelayanan. “Efisiensi dan efektifitas Anggaran harus menjadi prioritas dengan tetap mengedepankan hasil kerja yang maksimal, serta evaluasi pelayanan eksternal dan internal perlu dilakukan terprogram,” pungkas Ahmad Marzuqi.

            Sebelumnya, Asisten II Sujarot dalam laporan penyelenggaraan menyampaikan, bahwa sosialisasi petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan pembangunan tahun 2018, salah satunya bertujuan untuk mewujudkan kesatuan pemahaman dalam melaksanakan sistem dan prosedur penatausahaan atau pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018. “Oleh karena itu pelaksanaan sosialisasi ini merupakan arahan bagi segenap aparat dijajaran Pemkab Jepara dalam pelaksanaan kegiatan APBD tahun anggaran 2018,” katanya.


 klikFakta.com/089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF