Komisioner Panwascam di Jepara Kompak, Petakan Potensi Pelanggaran Pemilu
Cari Berita

Komisioner Panwascam di Jepara Kompak, Petakan Potensi Pelanggaran Pemilu

Klikfakta.com
Rabu, 29 November 2017

Kegiatan pemetaan potensi pelanggaran pemilu oleh para komisioner Panwascam wilayah Jepara selatan dan timur, berlokasi di kantor Panwascam Mayong, baru-baru ini.
klikFakta.com, JEPARA – Komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat kecamatan (Panwascam) di wilayah Kabupaten Jepara kompak melakukan pemetaan potensi pelanggaran dalam gawe politik Pilkada Jateng 2018 dan Pemilu Nasional 2019. Kekompakan terlihat seperti yang ada di Panwascam wilayah Jepara bagian selatan dan timur, terdiri dari Panwascam Nalumsari, Mayong, Kalinyamatan dan Welahan.

Para komisioner Panwascam melakukan pengkajian dan analisa mendalam setiap tahapan pemilihan, lengkap dengan dasar hukumnya. Kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan saat jam kerja biasa, tetapi juga sampai larut malam dan diikuti oleh semua komisioner Panwascam di wilayah Jepara selatan dan timur

Salah satu Komisioner Panwascam Mayong, Edy Siswanto mengatakan, kegiatan pemetaan potensi pelanggaran di wilayah Jepara selatan dan timur dilakukan secara kolektif. Pertama, dilakukan pembagian tugas untuk masing-masing Panwascam di wilayah kecamatan masing-masing.
Kegiatan pertemuan kedua pemetaan potensi pelanggaran, di kantor Panwascam Kalinyamatan, baru-baru ini.
“Setiap Panwascam mendapatkan tugas menganalisa beberapa tahapan pemilihan yang berbeda-beda. Kemudian dilakukan pembahasan secara bersama-sama, yang terdiri dari komisioner Panwascam wilayah selatan dan timur di lokasi yang telah disepakati,” terangnya.

Ia membeberkan bahwa kebetulan pertemuan pertama dilaksanakan di wilayah Kecamatan Mayong. Kemudian pertemuan kedua dilaksanakan di wilayah Kecamatan Kalinyamatan. Dua agenda pertemuan bersama tersebut, kata Edy, digelar untuk mensinkronkan hasil kajian yang telah dilaksanakan di masing-masing Panwascam.

“Dua pertemuan tersebut digelar pada malam hari. Selain melakukan pemetaan potensi pelanggaran juga untuk mengeratkan tali persaudaraan sesama komisioner Panwascam,” jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan Komisioner Panwascam Nalumsari, Subkhan. Menurut dia, pertemuan-pertemuan lintas Panwascam sangat penting. Selain dapat mengeratkan tali persaudaraan juga dapat saling tukar pikiran dan pengalaman demi mensukseskan tugas pengawasan pesta demokrasi yang akan berlangsung.  

“Tentu saja banyak manfaat yang kita dapat dari pertemuan bersama itu. Yang jelas demi mensukseskan program pengawasan pemilu,” imbuhnya.

Selain di wilayah Jepara selatan dan timur, wilayah Jepara tengah dan utara juga menggelar kegiatan serupa. Hasil pemetaan potensi pelanggaran pemilu tersebut disetorkan ke Panwaskab Jepara. Rencananya, hasil akhir nanti juga akan disetor ke Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

klikFakta.com/089


Flashdisk Ribuan Kitab PDF