Jelang Tahapan Pemilu, Pengawas di Nalumsari Kunjungi Desa-desa
Cari Berita

Jelang Tahapan Pemilu, Pengawas di Nalumsari Kunjungi Desa-desa

Klikfakta.com
Selasa, 14 November 2017

Komisioner Panwascam Nalumsari, (dari kanan) Subkhan  dan Wahyu Khoiruz Zaman berkunjung ke balai Desa Daren, diterima oleh Petinggi Desa Daren, M Sholeh. (klikFakta.com/dok)
klikFakta.com, JEPARA – Tahapan pemilihan umum (Pemilu) baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, maupun pemilihan legislatif dan presiden 2019 segera dimulai. Menjelang dimulainya tahapan demi tahapan pemilu tersebut, Panitia Pengawas Pemilu di tingkat Kecamatan (Panwascam) Nalumsari berkunjung ke desa-desa.

Ketua Panwascam Nalumsari, Subkhan menjelaskan, kunjungan ke desa dilaksanakan secara menyeluruh. Semua desa yang ada di wilayah Kecamatan Nalumsari dikunjungi oleh komisioner Panwascam Nalumsari. Itu dilakukan dalam rangka memulai koordinasi dengan pemerintah di tingkat desa.

“Bagaimanapun juga, pemerintah di tingkat desa memiliki peran penting dalam ikut serta mengawasi proses pemilu nantinya. Sehingga koordinasi dengan pemerintah desa dirasa penting,” ujar Subkhan kepada klikFakta.com, Selasa (14/11/2017).

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Wahyu Khoiruz Zaman juga mengatakan demikian. Menurutnya, pemerintah baik tingkat atas hingga bawah merupakan stakeholder bagi penyelenggara pemilu. Dibutuhkan kerjasama yang baik agar nantinya pemilu dapat berjalan lancar.

“Sebagaimana tagline pengawas pemilu, bersama rakyat awasi pemilu dan bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu. Dari situ dapat diketahui bahwa pengawasan pemilu juga melibatkan masyarakat, termasuk di jajaran pemerintah desa,” terangnya.

Divisi Organisasi dan SDM, Kusmiyati menambahkan, selain melakukan koordinasi dengan pemerintah desa juga nantinya akan dilakukan kordinasi atau silaturrahmi dengan sejumlah tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Nalumsari.

“Harapannya, pemerintah desa dan tokoh-tokoh masyarakat menjadi figur dan contoh bagi masyarakat dalam turut serta melakukan pengawasan pemilu, sehingga nantinya dapat menghasilkan pemilu yang bersih dan berintegritas,” katanya.

klikFakta.com/089


Flashdisk Ribuan Kitab PDF