Hasil Seleksi Ketat, 48 Anggota Panwascam se-Kabupaten Jepara Dilantik -->
Cari Berita

Hasil Seleksi Ketat, 48 Anggota Panwascam se-Kabupaten Jepara Dilantik

Klikfakta.com
Sabtu, 14 Oktober 2017

48 anggota Panwascam se-Kabupaten Jepara berfoto bersama dengan Panwaskab Jepara usai pelantikan, Sabtu (14/10/2017)
klikFakta.com, JEPARA – 48 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Jepara telah dilantik di Hotel D'season Bandengan, Sabtu (14/10/2017). Panwascam yang terbagi dalam 16 Kecamatan yang ada di kota ukir tersebut merupakan orang-orang terbaik dari hasil seleksi yang telah dilaksanakan oleh Panitia Pengawas di tingkat Kabupaten (Panwaskab) Jepara.

Hal itu seperti yang disampaikan Ketua Panwaskab Jepara Arifin. Menurut dia, anggota panwascam ini sudah melalui proses seleksi yang ketat, mulai dari seleksi adminstratif, tertulis hingga wawancara. Semua proses seleksi ini dilakukan secara transparan dan fair.

“Kami pastikan Panwascam yang dilantik hari ini merupakan Panwascam yang terpilih murni karena kapabilitas dan integritasnya,” katanya.

Ia membeberkan, dari 48 anggota Panwascam terpilih, sebagian diantaranya merupakan muka baru sebagai bentuk penyegaran dan regenerasi. Dari jumlah tersebut, mereka rata-rata masih relatif muda. Sehingga diharapkan masih memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi serta semangat baru dalam mengawal dan mensukseskan pelaksanaan Pilgub  2018.

"Setelah dilantik ini Panwascam sudah menjadi keluarga besar Bawaslu sehingga harus jaga sikap profesional dan integritas," pesannya.

Kepada anggota panwascam, Arifin meminta agar bekerja dengan adil dan tidak memihak kepada siapapun. Ibarat pertandingan sepakbola, pengawas merupakan wasit yang harus bekerja adil. Jika tidak adil nanti tentu akan dicemooh oleh penonton atau masyarakat.

Arifin menambahkan, ada dua event besar yang harus menjadi tugas yakni Pilgub 2018 dan Pileg/Pilpres 2019. Panwascam yang terpilih ini merupakan yang terbaik dari seleksi sangat ketat. "Mudah-mudahan bisa bekerja secara maksimal. Ini tugas berat bagi Panwascam jangan larut pada euforia sebab tugas berat sudah menanti," jelasnya.

Untuk menjalankan tugas, anggota Panwascam diminta untuk memegang teguh “SIMP” yaitu, Solidaritas, Integritas, Moralitas dan Profesionalitas. Termasuk didalamnya memegang teguh aturan dan Undang Undang (UU) yang berlaku.

Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Ketua Panwaskab Jepara Arifin. Dihadiri oleh Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho, Komandan Kodim Letkol Ahmad Basuki, Wakil Ketua DPRD Jepara Purwanto, Ketua KPU Jepara Haidar Fitri serta perwakilan Camat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengucapkan selamat atas pelantikan Panwascam ini. Pelantikan ini harus disyukuri dan diterima. Kata Marzuqi, tugas Panwas kedepan semakin berat sehingga kekompakan diantara anggota Panwas mutlak diperlukan. Terlebih untuk Pileg, dimana persaingan sangat ketat. Persaingan tidak hanya eksternal partai, tetapi di internal parpol sendiri. "Ke depan tantangannya semakin berat sehingga harus kompak dan saling bekerjasama," tandasnya.


klikFakta.com/089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF