VIRAL.! Gambar Antrean Panjang Hingga Perbandingan Layanan e-KTP di Jepara -->
Cari Berita

VIRAL.! Gambar Antrean Panjang Hingga Perbandingan Layanan e-KTP di Jepara

Klikfakta.com
Selasa, 15 Agustus 2017

klikFakta.com, JEPARA – Beberapa hari terakhir dunia maya dihebohkan dengan sejumlah gambar yang menunjukkan kualitas pelayanan kependudukan dan pelayanan sipil di Kabupaten Jepara. Diantaranya gambar antrean panjang hingga di pinggir-pinggir jalan dan perbandingan kualitas pelayanan dengan kabupaten tetangga, Kabupaten Kudus.

Dari pantauan cyber tim klikFakta.com, sejumlah warganet mengposting gambar-gambar tersebut di media sosial seperti di facebook dan whatsApp. Dalam postingan mereka, disertai dengan keterangan foto bahwa gambar antrean panjang yang mengular tersebut ada di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Jepara.

Tak sedikit warganet yang menyesalkan kondisi tersebut. Bahkan, ketika tersebar gambar berisi pengumuman pelayanan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) ditunda lantaran blangko habis, tak berselang lama muncul gambar bandingan pelayanan e-KTP di Kabupaten Jepara dengan Kudus.

Dalam gambar tersebut terlihat sangat kontras. Pelayanan e-KTP di Kabupaten sebelah, yakni Kabupaten Kudus sudah menggunakan peralatan yang canggih yang berbasis tehnologi yakni aplikasi android. Sementara di Kabupaten Jepara masih manual hingga mengakibatkan antrean panjang.

Dari sejumlah gambar yang terpajang di dunia maya tersebut, banyak yang berkomentar pedas. Warganet juga menyoroti tentang betapa kasihan warga masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan jika harus menunggu dan mengantre panjang. Lebih-lebih mereka yang tempat tinggalnya jauh dari pusat kota Jepara.

Disisi lain, sebagian warganet juga berharap agar kualitas pelayanan dasar administrasi kependudukan tersebut segera diperbaiki. Sebab, administrasi seperti kartu tanda penduduk sangat penting bagi warga masyarakat baik untuk keperluan ekonomi, pendidikan hingga soal kesehatan.

Berdasarkan analisa tim klikFakta.com, gambar-gambar tersebut sudah viral karena dilihat oleh puluhan ribu pasang mata. Tak hanya di Jepara, namun juga di kota-kota lain hingga sejumlah media yang berbasis di luar kota Jepara juga memberitakan hal tersebut.

klikFakta.com/089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF