Penting, Potensi Kearifan Lokal Desa Perlu Dikembangkan -->
Cari Berita

Penting, Potensi Kearifan Lokal Desa Perlu Dikembangkan

Klikfakta.com
Kamis, 13 Juli 2017

Hadi Priyanto saat mengisi acara di Desa Kancilan.
     klikFakta.com, JEPARA – Untuk dapat memenangkan persaingan antar desa, desa dituntut untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya,  termasuk kearifan lokalnya. Karena itu Yayasan Kartini bersedia mendampingi desa  untuk mengemas even budaya kreatif yang bertumpu pada kearifan lokalnya.
     Hal tersebut diungkapkan oleh Didin Arduyansyah, salah seorang kreator seni Jepara yang bergabung di Yayasan Kartini Indonesia dalam sarasehan budaya yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Bisma Birawa desa Kancilan, Kembang,  Jepara, Selasa ( 11/7/2017 ) malam. 
     Sarasehan dengan tema kearifan lokal dan pembangunan desa ini diikuti tokoh masyarakat,  perangkat desa dan pengurus serta kader Karang Taruna.
     Even budaya kreatif ini menurut Didin Arfiyansyah,  bisa menjadi media promosi yang efektif dan sekaligus mampu merangsang tumbuhnya kreatifitas dan juga kecintaan masyarakat terhadap desanya. Juga kecintaan masyarakat terhadap budaya lokal, tradisi dan seni yang dimiliki oleh desa.
       Sementara itu Ketua Yayasan Kartini Indonesia, Hadi Priyanto yang juga menjadi pembicara dalam sarasehan tersebut mengungkapkan kegelisahannya,  banyak tradisi lokal yang tergerus oleh waktu dan kian dilupakan. " Tradisi ritual yang ada diseputar aktifitas pertanian tidak lagi dipandang perlu.  Padahal tradisi itu pada hakekatnya adalah meminta berkat Allah agar hasil pertaniannya baik" ujar Hadi.
      Sementara itu tradisi sedakah bumi yang dilaksanakan di setiap desa, maknanya semakin tidak dipahami kecuali serimonial dan kemeriahan. " Tidak ada pelestarian nilai dari para tokoh yang telah membuka desa kepada generasi muda, karena tidak semua desa memiliki babad desa" ujar Hadi Priyanto.
     Babad atau sejarah desa ini sangat penting agar kita dapat mengambil nilai nilai luhur yang telah duwariskan oleh para leluhur.
       Niai luhur itulah yang kemudian dapat bermanfaat bagi prngrmbangam suatu masyarakat tumbuh identitas lokalnya, ujar Hadi Priyanto.


klikFakta.com/089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF