Yayasan Kartini Bedah Kisah & Cerita Desa-desa di Jepara -->
Cari Berita

Yayasan Kartini Bedah Kisah & Cerita Desa-desa di Jepara

Klikfakta.com
Jumat, 16 Juni 2017

Sejumlah pemuda sedang berada di kedai kebun kita, lokasi yang akan digunakan untuk bedah babad desa. [KF-078]
klikFakta.com, JEPARA – Yayasan Kartini Indonesia membedah kisah dan cerita dari beberapa desa yang ada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Itu digelar untuk mengembangkan kearifan lokal. Kegiatan tersebut bertemakan bedah babad desa, dilaksanakan di kedai kebun kita, turut Desa Bondo Kecamatan Bnagsri, Jepara, pada Sabtu (17/6/2017) malam nanti.

Rencananya, bedah babad desa tersebut dihadiri oleh para petinggi, ketua BPD, tokoh masyarakat dan para budayawan yang ada di kota ukir. Ada beberapa desa yang akan dibedah kisah dan ceritanya, diantaranya Desa Bulungan, Guyangan, Tengguli, Wedelan, Kedung Leper, Banjaran, Jinggotan,  Kancilan, Tubanan,  Bondo dan Damarwulan.  Disamping itu juga akan dibedah kisah Ki Ageng Bangsri.

Ketua yayasan kartini Indonesia Hadi Priyanto mengatakan, kegiatan dikemas melalui kegiatan Jamuan kopi paseduluran. Beberapa desa akan dibedah semua kisah dan ceritanya. 

“Desa-desa tersebut merupakan bagian dari 48 desa, tradisi dan tempat bersejarah yang akan diterbitkan dalam buku Toponimi Kabupaten Jepara yang akan diterbitkan oleh Dinas Pendidilkan dan Kebudayaan Jawa Tengah,” ujar Hadi Priyanto melalui pres rilisnya, Jumat (16/6/2017).

Buku tersebut disusun oleh Hadi Priyanto,  iskak wijaya dan didin ardiyansah.  Sedangkan editor aksara oleh indria mustika dan fotografer Kanal Budiarto.

Selain bakal dihadiri para Petinggi desa, BPD dan tokoh masyarakat serta budayawan, bedah babad desa tersebut akan diisi pula dengan panggung satra dan musik serta penyerahan buku kepada 8 perpustakaan desa dan komunitas.


klikFakta.com/078

Flashdisk Ribuan Kitab PDF