Pembangunan Saluran Air Desa Platar Diduga Proyek Siluman -->
Cari Berita

Pembangunan Saluran Air Desa Platar Diduga Proyek Siluman

Klikfakta.com
Rabu, 14 Juni 2017

Tim dari lembaga garuda muda Indonesia melakukan pengecekan kualitas pembangunan yang diduga proyek siluman. [KF/08]
klikFakta.com, JEPARA – Menjelang lebaran tahun ini, sejumlah pembangunan insfrastruktur dikebut. Namun ada satu titik proyek pembangunan berupa saluran air di Desa Platar Kecamatan Tahunan yang diduga menjadi proyek siluman. Pasalnya, tidak jelas asal muasal dan penanggungjawab atas pembangunan tersebut.

Hal tersebut disampaikan sekretaris Lembaga Garuda Muda Indonesia (LGMI) Jepara, Agung. Menurutnya, pembangunan saluran air di jalan semat – platar yang berdekatan dengan SD Platar tersebut tidak jelas. Salah satu yang menonjol adalah tidak adanya papan proyek pembangunan.

“Proyek tersebut ditengarai menjadi proyek siluman, karena tidak diketahui dari mana asal usul sumber dana proyek tersebut. Hingga masyarakat sulit untuk mengawasi proyek agar tidak terjadi kecurangan dalam pengerjaan proyek tersebut,” ujar Agung kepada klikFakta.com, Selasa (13/6/2017).

Lebih lanjut ia menuturkan,  pembangunan tersebut cukup aneh. Sebab, kata Agung, mulai dari pelaksana, pihak desa, pihak dinas pekerjaan umum kabupaten hingga provinsi tidak ada yang mengaku bertanggung jawab. “Rata-rata bilang tidak tau pastinya,” ucapnya.

Pihaknya menilai banyak sekali kejanggalan dalam pelaksanaan proyek tersebut. Misalnya, kualitas pasir yang digunakan, kualitas batu yang dipakai hingga penggarapan yang cenderung asal-asalan. Ia sangat menyayangkan hal tersebut dan berencana melaporkan ke pihak berwajib.

Ketika dikonfirmasi, Petinggi Desa Platar mengaku tidak mengetahui secara pasti pembangunan saluran air tersebut. Ia hanya mendapatkan pemberitahuan bahwa ada pengerjaan proyek di Desa Platar.

Jawaban senada juga juga dilontarkan dari pejabat di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Tengah, Budi Yuwono dan pejabat dari Balai Besar Perwakilan Pati, Rahmad Adi serta pejabat dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jepara Hartaya. Mereka semua mengaku tidak mengetahui adanya proyek pembangunan saluran air di Desa Platar tersebut.

klikFakta.com/077


Flashdisk Ribuan Kitab PDF