Meski Di Pelosok Desa, SMP NU Ini Berani Gelar UNBK -->
Cari Berita

Meski Di Pelosok Desa, SMP NU Ini Berani Gelar UNBK

Klikfakta.com
Rabu, 03 Mei 2017

Sejumlah siswa SMP NU Assalam Karangnongko terlihat serius mengerjakan soal ujian berbasis komputer [KF-090]


KlikFakta.Com, JEPARA – Meski berada di pelosok desa, SMP NU Assalam yang beralamat di Desa Karangnongko, Kecamatan Nalumsari ini memberanikan diri menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi para siswanya. Bahkan menjadi satu-satunya sekolah swata di Nalumsari yang menggelar UNBK.

Seperti yang terlihat pagi ini (3/5/2017), sebanyak 28 siswa peserta ujian sekolah setempat terlihat serius mengerjakan soal matematika. Sejumlah siswa tersebut terbagi dalam dua sesi dalam mengerjakan soal UN pada hari kedua ini.

Kepala SMP NU Assalam, Arif Rahman Hakim mengatakan keberanian untuk menggelar UNBK harus dilakukan agar para siswa tidak canggung dengan teknologi yang terus berkembang sangat cepat.

“Selain agar para siswa tidak gaptek (gagap tejnologi) memang sudah eranya teknologi mau tidak mau kita harus mengikutinya agar tidak ketinggalan. Tapi, kita tetap menjaga tradisi kita sebagai warga NU,” katanya.

Sebelum menjalankan UN, lanjutnya, para siswa sering diajak untuk beristighosah, ziarah ke makam pendiri sekolah K. Moh. Rasyipan Afroni dan cikal bakal desa setempat. Bahkan, sebulan sebelumnya para siswa juga diasramakan dengan banyak berdzikir dan belajar di sekolah dari jam 16.00 WIB – 20.00 WIB dengan menjalankan sholat magrib dan isya’ secara berjamaah.

“Kami mempersiapkan UNBK ini sudah matang dan memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Seperti penyiapan genset serta jaringan yang benar-benar diandalkan. Sehingga UNBK bisa berjalan lancer,” jelasnya.

Mustaqim, salah satu peserta UNBK sekolah setempat merasa senang bisa mengikuti ujian berbasis computer tersebut yang menurutnya lebih praktis dibandingkan dengan ujian secara manual.

“Mengerjakannya lebih cepat karena tidak usah banyak melingkari jawaban pada kertas jawaban. Selain itu juga tidak bisa dicontek karena soalnya berbeda-beda. Sehingga kita harus jujur dengan jawaban kita,” pungkasnya.


KlikFakta.Com/090

Flashdisk Ribuan Kitab PDF