Elpigi Mulai Dikirim ke Karimunjawa Bermodal Surat Dispensasi -->
Cari Berita

Elpigi Mulai Dikirim ke Karimunjawa Bermodal Surat Dispensasi

Klikfakta.com
Selasa, 09 Mei 2017

Sejumlah warga melakukan penataan tabung gas elpigi untuk wilayah Karimunjawa. [KF-IS]
klikFakta.com, JEPARA – Setelah beberapa hari warga di Karimunjawa kesulitan mendapatkan gas elpigi akibat tidak ada distribusi, kini mulai bernafas lega. Pasalnya, distribusi gas elpigi ke wilayah terluar Kabupaten Jepara tersebut sudah dapat dilakukan dengan surat dispensasi.

BACA JUGA: Elpigi Langka di Karimunjawa, DPRD Kritik Pedas Pemkab Jepara

Dispensasi tersebut dikeluarkan oleh Pemkab Jepara setelah mendapatkan kritik atas lambatnya penyikapan Pemkab Jepara dari sejumlah pihak termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara. Dispensasi dikeluarkan oleh Pemkab Jepara dalam bentuk surat yang ditujukan kepada Kepala kantor unit pelayanan pelabuhan Jepara, perihal dukungan pengangkutan BBM dan elpigi ke Karimunjawa menggunakan kapal dengan standard minimum.

“Alhamdulillah akhirnya masyarakat Karimunjawa dapat mendapatkan suplai gas elpigi yang sudah menjadi kebutuhan pokok mereka. Ada surat yang berisi dispensasi distribusi elpigi menggunakan kapal dengan standard minimum, setelah kita dorong untuk dipercepat penerbitan surat itu,” ujar Wakil Ketua DPRD Jepara Pratikno kepada klikFakta.com, Senin (8/5/2017).
Menurutnya, sudah ada dua kapal yang mengangkut gas elpigi yakni KM. Berkah Kancil Karimun Jawa, pada Minggu 07 Mei 2017  dan KM. Barokah illahi 8A, pada Senin 08 Mei 2017.  Kapal tersebut tidak hanya mengangkut gas elpigi tetapi juga bahan bakar minyak (BBM).

Salah satu item penting dalam surat dispensasi tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan BBM dan elpigi masyarakat Karimunjawa serta sambil menunggu ketersediaan kapal pengangkut BBM yang sesuai standard, dimana pertamina akan memenuhi kapal yang sesuai standard dalam waktu enam bulan sejak 4 April 2017, Pemkab Jepara mendukung pengiriman BBM dan elpigi ke Karimunjawa dengan moda transportasi laut, baik kapal motor maupun kapal layar motor diterapkan standard minimun.

“Ke depan memang harus ada solusi yang konkret lagi agar perkara transportasi pengiriman kebutuhan pokok masyarakat Karimunjawa tidak terganggu lagi, sehingga masyarakat tidak dirugikan,” kata Pratikno.

klikFakta.com/089


Flashdisk Ribuan Kitab PDF