Air Terjun Sumenep Jadi Fokus Pengembangan Pariwisata Jepara -->
Cari Berita

Air Terjun Sumenep Jadi Fokus Pengembangan Pariwisata Jepara

Klikfakta.com
Selasa, 23 Mei 2017



Para Wisatawan air terjun Sumenep Desa Batealit Jepara, (sumber: Suara Merdeka)
Klikfakta.com, JEPARA- Selain pembangunan infrastruktur, Pemkab Jepara sudah merencanakan fokus pembangunan untuk tahun depan adalah pengembangan pariwisata. Salah satunya potensi wisata Air terjun Sumenep Desa Batealit Jepara. 

Dengan alasan pengembangan potensi pariwisata tersebut dengan alasan bahwa Kabupaten Jepara memiliki potensi pariwisata yang lengkap. Berdiri di pesisir utara Jawa Tengah, Jepara diwarisi potensi wisata pantai. Memiliki wilayah yang berdiri di Lerang Muria Jepara, di Jepara ada puluhan air terjun, sungai indah dan hutan yang asri. Kesemuanya belum ditangkap sebagai potensi yang mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) desa masing-masing.

Namun, hal yang perlu diperhatikan nantinya adalah pengembangan potensi pariwisata tidak boleh melupakan daya tahan tempat wisaya tersebut. Jika tidak, tempat wisata tersebut justru menjadi rusak dan tidak asri lagi.

Sebagai contoh pengembangan potensi pariwisata Kepulauan Karimunjawa, dimana perkembangan sektor pariwisata mengalami peningkatan secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.Terbukti dengan jumlah wisatawan dalam negeri maupun luar negeri terus bertambah. Hal itu seiring dengan kian bertambah dan berkembangnya spot-spot wisata setempat. Tapi daya tahan wisatanya rapuh. Salah satunya karena kebijakan penataan ruang yang longgar.

Terutama pengembangan dan pemeliharan terumbu karang masih dilakukan oleh DPRD Jepara. Berdasarkan Indonesia Coralreef Action Network (ICAN) mencatat luasan terumbu karang yang rusak di Karimunjawa mencapai 1.660 meter persegi, tersebar di sejumlah pulau yakni di Pulau Cilik, Pulau Tengah, dan lainnya. Amirudin, dari ICAN pun mempertanyakan mengapa kapal-kapal besar diperbolehkan bersandar di Karimunjawa yang merupakan kawasan lindung.


Hal ini menyebabkan terumbu karang yang menjadi salah satu spot wisata favorit pun terancam. Selain banyak yang mati karena terinjak wisatawan, kerusakan terumbu karang yang lebih masif disebabkan tertabrak kapal tongkang. Maka Pemkab Jepara perlu mengkaji lebih dalam tentang pengembangan potensi wisata yang ada sebelum mengeluarkan anggaran dana yang besar.

Klikfakta.com/087

Flashdisk Ribuan Kitab PDF