5458 Siswa di Jepara Ikuti UNBK, Satu Siswa Mundur -->
Cari Berita

5458 Siswa di Jepara Ikuti UNBK, Satu Siswa Mundur

Klikfakta.com
Senin, 03 April 2017

klikFakta.com, JEPARA – Sebanyak 5458 siswa di Kabupaten Jepara mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jumlah tersebut merupakan siswa dari 45 SMK baik negeri maupun swasta yang ada di kota ukir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, satu siswa dinyatakan mengundurkan diri dalam pelaksanaan UNBK hari pertama. Itu juga dibenarkan oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Jepara, Subandi. Menurutnya, siswa yang mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas.

“Pelaksanaan UNBK sudah mulai digelar. Dari data yang kami terima, ada satu siswa SMK Negeri Batealit mengundurkan diri. Tetapi kami tidak tahu alasannya,” kata Subandi, Senin (3/4/2017).

Sementara itu, salah seorang siswa dari SMK Negeri 2 Jepara, Agus Saputro mengaku lebih nyaman mengerjakan soal-soal ujian dengan membaca di kertas. Kalau harus mengerjakan soal dengan menghadap layar komputer membuat mata cepat pedih. “Terus khawatir kalau listrik padam atau servernya eror,” kata Agus.

Meski begitu, ia menilai ada sisi baik dari pelaksanaan UNBK, yakni mempersempit ruang gerak siswa yang hendak berbuat curang. Itu seperti membawa contekan ke dalam ruang ujian maupun bekerjasama dengan peserta lain.

klikFakta.com/089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF