Tak Kuasa Menahan Beban, Jembatan Penghubung Jepara - Demak Ambrol -->
Cari Berita

Tak Kuasa Menahan Beban, Jembatan Penghubung Jepara - Demak Ambrol

Klikfakta.com
Senin, 27 Maret 2017

Jembatan penghubung Jepara - Demak Ambrol. [KF-istimewa]
klikFakta.com, JEPARA – Tak kuasa menahan beban kendaraan truk yang mengangkut batu, jembatan Serang yang menghubungkan wilayah Kabupaten Jepara dengan Kabupaten Demak, Jawa Tengah ambrol. Akibatnya, truk yang kendarai Anas warga RT 01 RW 04 Desa Bungo Kecamatan Wedung, Demak terperosok dan masuk ke dalam sungai.

Ambrolnya jembatan tersebut terjadi pada pukul 06.00 WIB. Ketika itu, truk yang dikendarai  Anas tersebut hendak melintas. Ketika berada di jembatan dan belum sampai di ujung jembatan, tiba-tiba jembatan ambrol. Beruntung Anas bersama kernetnya bernama Muarif selamat dalam kejadian tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Namun, jembatan utama warga di kawasan tersebut terputus. Warga Desa Rejosari yang hendak ke Desa Pangginggegon atau sebaliknya terpaksa harus memutar sekitar 1, 5 kilometer ke jembatan sebelah barat. Khususnya warga Panggingegon yang sehari-hari memanfaatkan Puskesmas Welahan II atau bersekolah di SMP N 3 Welahan di Desa Rejosari.

Salah satu warga sekitar, Amrullah mengatakan, Jembatan Serang di Desa Rejosari kondisinya memang sudah kurang layak. Jembatan memang mulai goyang. Terutama ketika ada kendaraan melintas. Namun, jembatan tetap digunakan karena menang akses utama warga.

"Setiap hari ya memang ramai karena memang akses utama. Termasuk truk pengangkut pasar atau tanah juga sering lewat. Tapi kali ini tiba-tiba ambrol, " katanya.

Tepat di samping jembatan Kali Serang itu sebenarnya sudah dibuatkan jembatan beton. Namun, pengerjaan belum selesai. Bahkan, sejak sekitar dua bulan lalu pengerjaan dihentikan. Anwar mengaku tak tahu masalahnya. "Saya tidak tau kapan selesainya. Tapi sejak sekitar dua bulan memang sudah tidak ada pengerjaan," katanya.

Ia juga mengemukakan, setiap hari warga Desa Panggingegon banyak yang berobat ke Puskesmas Welahan II melewati jembatan tersebut. Jembatan tersebut juga akses utama pelajar dari demak ke SMP N 3 Welahan.

klikFakta.com/089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF