Kunjungan Raja Salman Bisa Berdampak Langsung Bagi Jepara,Ini Dampaknya -->
Cari Berita

Kunjungan Raja Salman Bisa Berdampak Langsung Bagi Jepara,Ini Dampaknya

Klikfakta.com
Sabtu, 04 Maret 2017

Raja salman disambut Presiden RI Joko Widodo [istimewa]
klikFakta.com, JEPARA – Ternyata tidak hanya warga ibukota Jakarta dan kota yang dikunjungi langsung oleh Raja Salman bin Abdul Azis Al Saud saja yang berharap. Warga di Kabupaten Jepara juga sebagian memiliki harapan khusus kepada penguasa Arab Saudi tersebut. Mereka berharap agar kunjungan Raja Salman berdampak baik bagi industri mebeler atau furniture di kota ukir.

Salah satu pengusaha mebel Jepara Ahmad Fauzi mengatakan, meskipun Raja Salman tidak secara langsung berkunjung ke Kabupaten Jepara, namun kunjungannya ke Indonesia membawa dampak baik bagi pengusaha mebel Jepara.

“Memang secara implisit permintaan mebel ke Arab Saudi tidak terlalu besar, tapi kunjungan ini bisa membawa efek multyplayer ke pasar Timur Tengah, karena Timur Tengah ini pasar baru mebel Jepara,” ucap Fauzi.

“Kunjungan Raja Salman ke Indonesia diharapkan mampu mendongkrak nilai ekspor mebel Jepara. Sebab, salah satu tujuan pasar ekspor mebel Jepara adalah Timur Tengah, di dalamnya termasuk Arab Saudi,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Jepara Raya Maskur Zaenuri.

Menurutnya, momentum kunjungan Raja Salman diharapkan dapat mendongkrak nilai ekspor mebel Jepara. Serta, harus ada keseimbangan ekspor – impor antara Indonesia dengan Arab Saudi. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia juga banyak mengimpor minyak dari Arab Saudi.

“Kami sudah menyampaikan harapan itu kepada pemerintah. Memang harus ada keseimbangan antara ekspor dan impor termasuk dengan Arab Saudi,” katanya.

Ia membeberkan, pada 2016 lalu, nilai ekspor mebel secara nasional ke Timur Tengah baru mencapai 1,8 miliyar USD. Sebanyak 15 persen dari nilai eksport ke wilayah Timur Tengah tersebut, disumbang dari Arab Saudi. Pasca kunjungan Raja Salman, diharapkan nilai tersebut akan meningkat.


klikFakta.com/089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF