Kapal Pengangkut 20 Ton BBM Meledak di Jepara -->
Cari Berita

Kapal Pengangkut 20 Ton BBM Meledak di Jepara

Klikfakta.com
Jumat, 31 Maret 2017

Muatan kapal yang meledak berceceran di kawasan pelabuhan Jepara. [KF-is]
klikFakta.com, JEPARA – Peristiwa nahas kembali terjadi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kali ini kapal pengangkut 20 ton bahan bakar minyak (BBM) meledak di kawasan pelabuhan Jepara.

Berdasarkan informasi yang dihimpun klikFakta.com, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 WIB ketika kapal hendak berlayar ke wilayah Kepulauan Karimunjawa. Peristiwa serupa pernah terjadi pada kapal Mangrove Jaya yang meledak di wilayah dermaga Kartini pada pertengahan tahun 2016 lalu.

Akibat peristiwa kedua kali dalam kurun waktu kurang dari setahun ini, tiga anak buah kapal (ABK) dan satu nahkoda kapal terluka. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun sekian banyak BBM yang hendak dibawa ke Karimunjawa tidak dapat diselamatkan.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Jepara AKBP Samsu Arifin mengemukakan, peristiwa ini tentu saja menjadi bahan evaluasi untuk ke depan mengenai pengangkutan BBM ke wilayah terluar Kabupaten Jepara.

Menurut Samsu, kapal Jasa Laut merupakan kapal usaha rakyat yang sudah mengantongi surat jalan. Namun, dari sisi muatan pihaknya belum mengetahui pasti. Apakah sudah sesuai dengan kapasitas atau tidak.

Sejauh ini, berdasarkan pemeriksaan jajarannya, penyebab meledaknya kapal tersebut karena konsleting pada mesin kapal.


klikFakta.com/089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF