Turut Kembangkan Wisata Desa Plajan, Ini Strategi Tim KKN Unisnu -->
Cari Berita

Turut Kembangkan Wisata Desa Plajan, Ini Strategi Tim KKN Unisnu

Klikfakta.com
Rabu, 22 Februari 2017

Petinggi Desa Plajan memberikan sambutan dalam pembukaan pelatihan jurnalistik dan website. [klikFakta.com/089]
klikFakta.com, JEPARA -- Desa Plajan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Jepara, Jawa Tengah sudah dikenal sebagai desa yang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Namun potensi tersebut terancam tak mampu bertahan dan berkembang ketika tidak ada upaya untuk mengembangkannya.

Salah satu upaya pengembangan potensi wisata di desa tersebut dilakukan oleh tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unisnu Jepara yang bertugas di desa setempat. Mereka menggelar pelatihan jurnalistik dan website.

"Kami ingin melalui pelatihan ini dapat berkontribusi terhadap pengembangan potensi wisata yang ada di Desa Plajan. Salah satunya dengan website dan diisi dengan produk tulisan hasil karya jurnalistik," ujar salah satu panitia dari tim KKN Desa Plajan, Veronica.

Menurutnya, selama ini wisata yang ada di Desa Plajan seperti  akar seribu sudah dikenal banyak orang. Namun itu tidak cukup untuk menjadi destinasi wisata yang lebih besar dan berkelanjutan. Diperlukan suatu promosi dan publikasi yang terus-menerus.

"Selama ini sudah ada website namun masih minim sumber daya manusia yang mengelola website tersebut. Untuk itu, selain kami beri materi tentang website juga tentang jurnalistik," kata Vero.

Ia menambahkan, di era globalisasi seperti ini tidak hanya tingkat nasional dan pemerintah saja yang berlomba-lomba untuk bersaing, namun juga sampai di tingkat desa. Apalagi saat ini sudah ada alokasi dana khusus untuk desa. Potensi yang ada di desa perlu dikembangkan agar menjadi lebih memiliki nilai tambah.

Kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi dari pemerintah desa setempat dan pihak pengelola wisata akar seribu dan dari dosen pendamping lapangan. Pemateri pelatihan diisi oleh para ahli dibidang masing-masing. 

klikFakta.com / 089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF