Sampah ‘Dibiarkan’ Menumpuk di Objek Wisata Teluk Awur -->
Cari Berita

Sampah ‘Dibiarkan’ Menumpuk di Objek Wisata Teluk Awur

Klikfakta.com
Kamis, 23 Februari 2017

Sampah terlihat menumpuk di tengah-tengah pengunjung pantai Teluk Awur Jepara. [klikFakta.com/089]
klikFakta.com, JEPARA – Meskipun sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas bahwa kawasan pantai Teluk Awur Jepara, Jawa Tengah menjadi tempat wisata, namun soal kebersihan masih menjadi pekerjaan rumah yang besar. Pasalnya sampai saat ini persoalan sampah masih belum mampu teratasi dengan baik.

Dari pantauan klikFakta.com, deretan pantai Teluk Awur dipenuhi oleh sampah dengan berbagai jenis baik sampah organik maupun non organik. Dibanding beberapa hari sebelumnya, volume sampah semakin bertambah banyak.

Salah seorang wisatawan lokal, Nana mengatakan, seharusnya sampah yang ada di bibir pantai dapat dibersihkan oleh pihak-pihak terkait. Sebab, selain tidak enak dipandang juga dapat berpotensi menimbulkan penyakit bagi warga yang mengunjungi lokasi pantai tersebut.

“Seharusnya ada petugasnya sendiri yang setiap hari membersihkan sampah. Apalagi sekarang disini (Teluk Awur-red) sudah semakin ramai dikunjungi warga baik dari Jepara sendiri maupun luar kota,” kata Nana kepada klikFakta.com, Kamis (23/2/2017).

Sementara itu, Plt Carik Desa Teluk Awur Rohman mengatakan, pembersihan baru akan dilakukan pada bulan Maret 2017. Sebab, awal bulan depan cuaca ekstrim dan ombak besar diperkirakan sudah normal.

”Saat ini kami biarkan dulu karena cuaca masih belum begitu bersahabat. Pembersihan kami lakukan sekaligus. Kalau sedikit-sedikit nanti percuma karena akan dapat kiriman sampah lagi,” katanya.

Rohma mengatakan, pembersihan pantai Teluk Awur biasanya memang menunggu even tertentu. Dalam setahun biasanya dilakukan pembersihan masal tiga kali. Yaitu, sebelum Syawalan, Jelang tahun baru, dan usai musim baratan. ”Jelang tahun baru kemarin sudah kami bersihkan. Hasilnya sekitar tiga sampai empat truck,” katanya.


klikFakta.com / 089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF