Puluhan Siswa MA Sabilul Ulum ini Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik -->
Cari Berita

Puluhan Siswa MA Sabilul Ulum ini Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Klikfakta.com
Senin, 20 Februari 2017

Direktur sekaligus Pemred klikFakta.com memberikan materi jurnalistik dalam pelatihan yang digelar di MA Sabilul Ulum Mayong, Jepara. [klikFakta.com/089]
klikFakta.com, JEPARA – Puluhan siswa Madrasah Aliyah (MA) yang ada di MA Sabilul Ulum Mayong, Jepara Jawa Tengah ini antusias mengikuti pelatihan jurnalistik yang diisi oleh Direktur sekaligus pemimpin redaksi klikFakta.com, Wahyu Khoiruzzaman pada Kamis (16/2/2017) di gedung baru MA setempat.

Acara yang digelar oleh tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unisnu Jepara yang bertugas di Desa Mayonglor tersebut  diikuti oleh para anggota OSIS dan PASUS MA Sabilul Ulum Mayong. Para peserta terlihat antusias dan bersemangat untuk bertanya lebih jauh dunia jurnalistik.

Baca : Lomba Unik Meriahkan Festival Mayonglor 

Koordinator kegiatan pelatihan jurnalistik yang juga Kordes KKN Desa Mayonglor, Inah menyampaikan, dengan adanya pelatihan jurnalitik ini diharapkan nantinya siswa MA Sabilul Ulum mampu aktif dan inovatif bergelut dalam dunia tulis – menulis.

“Siswa MA Sabilul Ulum diharapkan mampu membuat karya tulis untuk media masa baik majalah dinding, majalah sekolah, koran, maupun media online,” kata Kholidah selaku guru pengampu mapel Bahasa Indonesia di MA Sabilul Ulum.

Menulis berita untuk pemula dan manajemen redaksi menjadi pokok pembahasan pada kegiatan pelatihan ini. Wahyu Khoiruzzaman selaku narasumber menyampaikan bahwa dalam menulis berita tidak boleh bohong, harus jujur dan apa yang ditulis merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi dan pendapat yang benar-benar disampaikan oleh seseorang.

“Mendapatkan data atau bahan berita dapat dengan berbagai cara. Seperti observasi lapangan, wawancara, pres rilis, konferensi pers dan riset. Biasanya yang dilakukan oleh para jurnalis adalah observasi kemudian melakukan wawancara,” terang Wahyu, yang juga alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi di Unisnu Jepara.

Ia menambahkan, dengan adanya jurnalis masyarakat bisa mengetahui banyak hal tentang dunia. Menumbuhkembangkan semangat dalam dunia tulis-menulis, terutama sebagai wahana untuk berprestasi dalam dunia pendidikan pada kalangan pelajar.

klikFakta.com / 089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF