Kali Pertama, PKD GP Ansor Digelar di Arab Saudi -->
Cari Berita

Kali Pertama, PKD GP Ansor Digelar di Arab Saudi

Klikfakta.com
Sabtu, 11 Februari 2017

Para pengurus dan peserta pengukuhan dan PKD Ansor berfoto bersama di Arab Saudi. [for klikFakta.com]
klikFakta.com, Arab Saudi - Pengurus  Pusat Gerakan Pemuda Ansor mengukuhkan GP Ansor Cabang Saudi sekaligus menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) yang diikuti oleh 36 orang bertempat di KJRI Jeddah (10-11/2/2017).

Pada saat itu juga di kukuhkan Pimpinan Cabang Khusus (PCK) Saudi Arabia dengan Ketua Musthofa Al Ghulayain oleh Ketua Umum PP Ansor Yaqut Cholil Qaumas.

PKD di Saudi Arab Saudi ini dilaksanakan untuk pertama kalinya sepanjang Ansor berdiri tahun 1934. Untuk mendukung PKD ini dikirim 18 orang instruktur nasoinal  dari PP GP Ansor.

Hadir memimpin rombongan PKD internasional adalah Ketum PP Ansor H. Yaqut Cholil Qaumas, Sekjen Abdul Rochman, Kasatkornas Alfa Isnaini, Ketua Bidang Kaderisasi Ruchman Basori dan pimpinan pusat lainnya.

"Kegiatan ini merupakan komitmen pimpinan pusat Ansor melakukan kaderisasi secara serius, tidak saja di dalam negeri, tapi juga di luar negeri" tegas Sekjend Abdul Rochman dalam rilis yang diterima klikfakta.com, Sabtu (11/2/2017).  Kegiatan ini, lanjutnya, sangat strategis untuk mendesiminasikan Islam aswaja, semangat kebangsaan dan keindonesiaan.

Adapun PKD internasional ini sebagai ikhtiar memperkuat kelembagaan Ansor di Arab Saudi. Kalau dulu KH Abdul Wahab Chasbullah melakukan perjalanan menjadi delegasi Komite Hijaz, kami ini Ansor sebagai generasi muda juga  napak tilas jejak Komite Hijaz sekaligus berumroh. "Agar Ansor menjaga kekuatan penting sebagai penjaga Islam ahlussunnah waljamaah, NKRI dan Pancasila" tegas Ruchman Basori, Ketua Bidang Kaderisasi.

Kita patut bangga karena 36 peserta berasal dari berbagai profesi di Arab Saudi seperti mahasiswa, profesional dan sektor-sektor penting lainnya.

Tantangan Islam Indonesia sangat komplek, maka GP Ansor mengambil peran strategis menjaga teadisi dan nilai Islam yg moderat terbuka dan toleran. "Usaha mengkampanyekan Islam moderat ala Indonesia ini akan kita lanjutkan negara lain" lanjut Abdul Ruchman.

klikFakta / 089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF