Elektabilitas Agus-Sylvi Turun Karena SBY -->
Cari Berita

Elektabilitas Agus-Sylvi Turun Karena SBY

Kamis, 16 Februari 2017

istimewa
klikFakta.com, Jakarta - Pasangan Cagub dan Cawagub Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni memperoleh jumlah suara paling rendah, berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) yang dilakukan lembaga survei Indikator Politik Indonesia dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Menurut, Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi, hal ini disebabkan karena tweet dan tindakan yang diakukan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. 

"Saya merasa, terlalu masuknya urusan SBY dalam pilkada malah menjadi bumerang sendiri," ujar Burhanuddin saat ditemui di Kantor Indikator, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (15/2) ujar Burhanuddin, sebagaimana yang dilansir dari kompas.com.

Kicauan SBY melalui akun Twitter yang ramai dibicarakan publik, banyaknya jumlah konferensi pers dan tindakan SBY menjelang hari pemilihan, dianggap oleh Burhanuddin sebagai pemicu turunnya tingkat elektabilitas Agus-Sylvi. Burhan mengatakan, "Alih-alih bisa membalikkan tren turun, sejak Desember sampai Februari, tapi yang terjadi elektabilitas Agus malah semakin turun."

Hasil Pilkada DKI Jakarta, berdasarkan hasil hitung cepat, mengunggulkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama -Djarot Saiful Hidayat dalam pemungutan suara di putaran pertama.

Data yang masuk untuk DKI adalah sebanyak 99,5 persen. Dari data tersebut, pasangan Ahok-Djarot memperoleh suara 43,01 persen.

Sementara posisi kedua ditempati oleh pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, dengan jumlah suara sebanyak 39,66 persen. Agus dan Sylvi sendiri hanya mendapat suara sebesar 17,33 persen.

klikFakta/093


Flashdisk Ribuan Kitab PDF