Siswa Tingkat SMA di Jepara ini “Berani” Tuntut Kepsek Mundur -->
Cari Berita

Siswa Tingkat SMA di Jepara ini “Berani” Tuntut Kepsek Mundur

Klikfakta.com
Senin, 09 Januari 2017

Aksi demo ratusan siswa SMA N 1 Mlonggo Jepara, yang meminta agar kepala sekolahnya dilengserkan. [klikFakta.com/088]
klikFakta.com, JEPARA – Sejumlah siswa dari SMA N 1 Mlonggo, Jepara Jawa Tengah menggelar aksi demo menuntut agar kepala sekolah, Gunawan Amrillah mundur dari jabatannya. Para siswa membawa spanduk dengan berbagai tulisan, seperti “Sekolah ini bukan milik perorangan bung”, “Om mundur om”, bahkan ada yang membawa tulisan “Gerakan Lengserkan Gunawan”.

Alih-alih menerapkan kedisiplinan, Gunawan malah menjadi bahan ejekan publik hingga para siswa yang selama ini telah dididik. Para siswa ini, melakukan pengumpulan tanda tangan agar Kepala SMAN 1 Mlonggo Gunawan Amrillah lengser dari jabatannya. “Yang Bertanda Tangan Setuju Gunawan Dilengserkan.”

Salah seorang siswi kelas XII Kintan mengatakan, tulisan-tulisan tersebut sudah dibuat sejak Jumat lalu, secara spontan, yang kemudian hari ini diadakan aksi. “Bukan berarti kita mendemo guru, namun dengan aksi ini kita hanya menginginkan perlakuan yang dilakukan oleh kepala sekolah itu bisa dihindari,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, perlakuan kepala sekolah tersebut tak hanya menghukum siswa siswi saat hujan deras seperti kemarin saja, melainkan juga ada perlakuan yang lainnya. “Tahun lalu, ada salah satu danton atau pemimpin barisan upacara tiba-tiba ditendang. Kami juga tak tahu apa alasannya. Padahal yang lainnya tak diapa- apakan,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan salah satu siswa lainnya.“Dalam dua tahun ini kita sudah diam atas kebijakan yang membuat proses pembelajaran di sekolah menjadi tak nyaman. Tuntutan kami tidak muluk-muluk, yaitu, Pak Gunawan agar tak lagi menjabat sebagai kepala sekolah di tempat kami. Kami ingin ada kegembiraan dan senyum kembali di sekolah ini,” ujar siswa.

Aksi ini, kemudian juga dilanjutkan dengan pertemuan perwakilan siswa dan sejumlah pejabat Pemkab Jepara. Di antaranya, Sekda Jepara Sholih, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara Khusairi, Kabag Kesra Setda Jepara Lukito Sudi Asmoro, Kapolsek Mlonggo AKP Maryono dan guru SMA N 1 Mlonggo sert Wakil Ketua Komite Sekolah Arief Ma’sum.
Sekda berjanji, dalam waktu sepekan kedepan status Kepsek Gunawan akan jelas.

Baca juga: Nasib Kepala SMA N 1 Mlonggo Jepara Terancam

“Hari ini Pak Plt Bupati Jepara Ihwan Sudrajat ke provinsi untuk melapor hal ini ke Gubernur. Sebab, kewenangan SMA saat ini kan sudah ada di provinsi. Dalam hal ini, kami hanya melaporkan dan memberikan rekomendasi agar Gunawan tak lagi menjadi Kepala SMA N 1 Mlonggo,” katanya seperti dilansir murianews.  [klikFakta.com/089]

Flashdisk Ribuan Kitab PDF