Pengiriman Surat Suara Pilkada Jepara untuk Karimunjawa Diperlakukan Khusus -->
Cari Berita

Pengiriman Surat Suara Pilkada Jepara untuk Karimunjawa Diperlakukan Khusus

Klikfakta.com
Selasa, 31 Januari 2017

Komisioner KPU Kabupaten Jepara mengecek kondisi surat suara. [istimewa].
klikFakta.com, JEPARA – Seperti pemilihan umum biasanya, Pilkada Jepara 2017 ini secara khusus pengiriman surat suara ke Kecamatan Karimunjawa dilakukan lebih awal. Rencananya, surat suara akan mulai di kirim ke wilayah terluar Kabupaten Jepara tersebut besok pagi, Rabu (1/2/2017).
Sedangkan untuk kecamatan lain, surat suara bakal dikirim ke masing-masing kecamatan pada 10 Februari 2017 mendatang. Untuk Karimunjawa, sengaja dikirim lebih awal untuk mengantisipasi cuaca buruk di perairan Jepara saat mendekati jadwal pencoblosan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara, Koko Suhendro  mengemukakan, surat suara terus dikebut dan untuk pengemasan sudah mencapai 90 persen. Tinggal pemasangan segel kardus.

“Khusus Karimunjawa, kami kirim lebih awal. Rencananya besok pagi dikirim. Kami sudah koordinasi dengan pihak terkait, terutama pihak penyedia jasa penyeberangan. Semoga saja besok cuaca mendukung sehingga bisa dikirim,” ujar Koko kepada klikFakta.com.

Lebih lanjut ia mengemukakan, pengiriman surat suara ke Karimunjawa dijadwalkan pukul 07.00. Dari Kantor KPU, surat suara diangkut menggunakan mobil KPU. Penyebrangan ke Karimunjawa menggunakan KMP Siginjai. Surat suara akan dikirim ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karimunjawa.

Dari PPK akan dikirim ke empat Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di empat Desa di Kecamatan Karimunjawa. Yaitu Desa Nyamuk, Desa Parang, Desa Kemojan, dan Desa Karimunjawa. Surat suara dikirim oleh KPU dengan dua petugas keamanan dari pihak kepolisian.
”Jumlah surat suara sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen,” katanya.
Sementara itu, surat suara tambahan pengganti surat suara yang rusak masih proses pelipatan. Jumlahnya 5.831 surat suara. Jumlah tersebut sesuai kalkulasi kekurangan surat suara sesuai DPT yaitu 881.316 ditambah 2,5 persen per TPS.

klikFakta/089

Flashdisk Ribuan Kitab PDF