Perkuat NKRI, Tentara Masa Depan Dipersiapkan di Jepara -->
Cari Berita

Perkuat NKRI, Tentara Masa Depan Dipersiapkan di Jepara

Klikfakta.com
Minggu, 18 Desember 2016

Tentara cilik di Jepara dipersiapkan untuk menjadi prajurit TNI yang mampu mengamankan NKRI sekaligus meningkatkan kecintaan terhadap tanah air. [klikFakta.com/089]
klikFakta.com, Jepara – Tentara Nasional Repulik Indoensia (TNI) ingin memperkuat Negara Kesatuan Republik Indoensia terus (NKRI) di masa kini dan masa yang akan datang. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan menyiapkan tentara masa depan, seperti yang dilakukan Kodim 0719 Jepara ini.

Tentara yang dipersiapkan adalah tentara cilik yang masih duduk di sekolah tingkat dasar. Mereka diwadahi dalam sebuah lomba TNI cilik, pada Sabtu (17/12/2016). Mereka para generasi tentara tersebut mempraktekkan sejumlah kemampuan khas prajurit TNI yang siap mengamankan NKRI.

Lomba TNI cilik digelar di Gedung Wanita Jepara sekitar pukul 08.00 hingga pukul 11.00. Ada sepuluh regu yang mengikuti perlombaan ini. Masing-masing kelompok teridiri dari belasan orang. Mereka melakukan antraksi layaknya prajurit TNI. Mulai kegiatan baris berbaris, penghormatan dengan senjata, dan atraksi lainnya. Mereka juga terlihat kompak bernyanyi sebagai bentuk kekompakan dan semangat juang.

Komandan Kodim 0719 Jepara, Letkon Inf. Ahamd Basuki, mengatakan, kegiatan tersbut pertama kali diadakan dalam rangka memperingati hari juang Kartika ke-71. Tujuan utamanya menanamkan rasa cinta tanah air bagi generasi muda Jepara. Selain itu untuk mengajarkan kedisiplinan. 
 ”Kita sudah banyak dengar bahwa kita ini diserbu tenaga kerja asing yang bertubi-tubi. Ini harus menjadi bahan untuk kita agar intropeksi diri. Serangan dari asing terjadi karena munkin kita lemah kedisiplinan dan kecintaan kita pada tanah air,” ujar Dandim kepada klikFakta.com

Menurutnya, pihaknya akan melanjutkan kegiatan tersebut terus menerus. Kegiatan rencananya akan digelar satu tahun empat kali. Mulai tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten. ”Kami sudah wajibkan seluruh koramil untuk punya anak binaan. Nanti kita kembangkan, bisa perkecamatan terlebih dahulu lalu maju di tingkat kabupaten,”katanya.

Dandim mengucap terima kasih pada para orang tua siswa yang mendorong anak-anaknya ikut kegiatan tersebut. Karena dorongan mereka lomba berjalan lancar. ”Persiapan sudah kami lakukan sekitar satu setengah bulan yang lalu. Mereka dilatih oleh koramil masing-masing,” katanya.

Lomba TNI cilik tersebut merupakan perwakilan dari 10 koramil di Jepara. Yaitu Koramil Kota, Kedung, Batealit, Pecangaan, Mayong, Welahan, Bangsri, Mlonggo, Keling dan Koramil Tahunan. [klikFakta.com/089]

Flashdisk Ribuan Kitab PDF