Pemilihan Petinggi Desa di Jepara Tahap I Usai -->
Cari Berita

Pemilihan Petinggi Desa di Jepara Tahap I Usai

Klikfakta.com
Kamis, 17 November 2016

Plt. Bupati Jepara, Ihwan Sudrajat bersama pejabat di Kabupaten Jepara  memantau Pemilihan Petinggi (Pilpet) desa serentak gelombang I (pertama). [klikFakta.com/066]
klikFakta.com, Jepara – Secara keseluruhan pelaksanaan pilpet serentak terbagi menjadi III (tiga) gelombang. Gelombang I baru saja dilaksanakan di 24 Desa dan berjalan lancar. Selanjutnya, Pemkab Jepara melalui Bagian Pemerintahan juga akan menggelar kembali Pemilihan Petinggi secara serentak tahap II pada tahun 2018 dan gelombang III pada tahun 2019.  Hal ini dilakukan sesuai dengan akhir masa jabatan dan tugas Petinggi saat ini.  Dimana pada gelombang II tahun 2018 nanti akan dilaksanakan serentak di 23 Desa. Yang merupakan penggabungan dari Pilpet tahun 2017 sebanyak 3 desa dan tahun 2018 sebanyak 20 desa.  Selanjutnya pada gelombang III tahun 2019 mendatang, pilpet serentak juga akan dilaksanakan kembali di 137 Desa.

Adapun ke dua puluh empat Desa yang melaksanakan Pilpet tahun 2016. Meliputi 1. Ds. Bumiharjo Keling, 2. Ds. Wedelan Bangsri, 3. Ds. Jambu Mlonggo, 4. Ds.Sinanggul Mlonggo, 5. Ds. Tanjung Pakis Aji, 6. Ds. Karimunjawa Karimunjawa, 7. Ds. Kemojan Karimunjawa,  8. Ds. Parang Karimunjawa, 9. Ds. Dongos Kedung, 10. Ds. Sukosono Kedung, 11. Ds. Rau Kedung, 12. Ds. Krapyak Tahunan, 13. Ds. Bringin Batealit, 14. Ds, Pekalongan Batealit, 15. Ds. Margoyoso Kalinyamatan, 16. Ds. Purwogondo Kalinyamatan, 17. Ds. Sendang Kalinyamatan, 18. Ds. Bandungrejo Kalinyamatan, 19. Ds. Kalipucang Wetan Welahan, 20. Ds. Kalipucang Kulon Welahan, 21. Ds. Gidanglo  Welahan, 22. Ds. Guwosobokerto Welahan, 23. Ds. Mayong Lor Mayong dan terakhir 24. Ds. Pelemkerep Mayong.

Plt. Bupati Jepara, Ihwan Sudrajat bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara  Sholih,  memantau langsung Pemilihan Petinggi (Pilpet) serentak gelombang I (pertama). Hal ini dilakukannya untuk memastikan pesta demokrasi tingkat desa tersebut berjalan aman, lancar dan kondusif. Karena kita ketahui bersama tanggal 14 Nopember Tahun 2016, Pemkab Jepara  menyelenggaraan Pemilihan Petinggi di 24 Desa.  Acara Pelaksanaan pemantauan Bupati bersama segenap Forkopinda dan sekda ini dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok I dipimpin langsung Bupati didampingi Kasdim 0719, Asisten I, Asisten III, Kabag Pemerintahan dan pejabat terkait memantau di wilayah Utara. Meliputi Ds. Tanjung Kecamatan Pakis Aji, Sinanggul kecamatan Mlonggo, Jambu Kecamatan Mlonggo, Wedelan Kecamatan Bangsri dan Desa Bumiharjo Kecamatan Keling. Hasilnya menunjukkan pelaksaan Pilpet berjalan lancar dan sukses. (14/10 2016).

Sementara kelompok II dipimpin Sekda bersama Kapolres, perwakilan Kajari, PA dan Pengadilan Negeri serta pejabat Dinas/Instansi terkait. Hasil pemantauan juga menunjukkan berjalan lancar dan sukses. Pemantauan kelompok II dilakukan di Ds. Krapyak Kec. Tahunan, Rau Kecamatan Kedung, Margoyoso Kec, Kalinyamtan, Kalipucang Wetan Kec. Welahan, Mayong Lor Kec. Mayong serta Ds. Pekalongan Kec. Batealit.

Melihat pelakasanaan Pilpet yang berjalan kondusif dan sukses tanpa ekses, Plt. Bupati Jepara sangat berterima kasih sekali kepada seluruh masyarakat, penyelenggara dan aparat.  Ihwan Sudrajat juga menyatakan gembira, karena hasil pemantauan menunjukkan rata-rata pemilih mencapai 80 % lebih. Ini artinya partisipasi dan antusias masyarakat cukup tinggi dalam pelaksanaan pesta Demokrasi Pemilihan Petinggi di wilayah masing-masing. Keberhasilan ini juga menunjukkan Pemkab Jepara mampu menyelenggarakan demokrasi dengan penuh sportifitas tingkat Desa secara serentak dengan baik. Selanjutnya diminta masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta kembali rukun bersatu padu. Sehingga awal yang baik dalam pelaksanaan Pilpet dapat didikuti dukungan dan partispasi dalam pelaksanan pembangunan kedepan. [klikFakta.com/066]



Flashdisk Ribuan Kitab PDF