Ini Cara Unik Mahasiswa Unisnu Peringati Hari Pahlawan -->
Cari Berita

Ini Cara Unik Mahasiswa Unisnu Peringati Hari Pahlawan

Klikfakta.com
Kamis, 10 November 2016

aksi teatrikal yang dilakukan para aktor dan aktris Tuman Unisnu Jepara memperingati hari pahlawan. [klikFakta.com/065]. 
klikFakta.com, Jepara - Sore itu para pejuang  membawa senjata dan bambu runcing. Bergerak gerik mengawasi musuh disegala penjuru. Dari kejauhan beberapa penjajah memperdayai  rakyat untuk dirampas harta bendanya. Kemudian terjadilah peperangan yang dimenangkan para pejuang meski mereka bermodal bambu runcing. Merdeka!!!

Cuplikan cerita diatas adalah sebuah adegan yang diperagaan oleh aktor dan aktris dari Teater TUMAN Unisnu Jepara dalam memperingati hari pahlawan. Sore itu 10 november 2016 setelah kuliah mereka bersama-sama berjalan mengelilingi komplek kampus sambil memainkan peran kepahlawanan. Diikuti sekitar 50 anggotanya teaterikal tersebut mampu menarik perhatian warga kampus.
“sempat kaget, saya kira terjadi pertengkaran antar fakultas. tapi ternyata sebuah pementasan teater” ungkap Drajat Dosen Fakultas Saintek dalam rilis yang diterima klikFakta.com

Drajat juga mengaku sangat mendukung kegiatan semacam ini. terlebih mengapresisasi jasa-jasa pahlawan dalam sebuah pementasan yang digelar dijalan. “sangat menarik dan bisa menjadi pengingat bagi kita semua betapa beratnya perjuangan pahlwan kalah itu,” imbuhnya.

Dalam kegiatan peringatan hari pahlawan teater tuman lebih menonjolkan tokoh dr. Cipto mangunkusumo. ini tidak tanpa alasan. dr cipto mangun kusumo adalah pahlawan nasional asli kelahiran jepara. dan itu belum banyak orang yang mengetaui.

“sengaja kami mengangkat dr. cipto mangun kusumo di karenakan sebagai generasi muda jepara kita tidak mengenal beliau,” terang rokim selaku pengonsep teaterikal.

Ia menuturkan kegelisahannya terhadap kaum muda yang kurang peduli terhadap sejarah. dengan teaterikal ini rokim dan teater tuman berharap generasi muda akan lebih menghargai sejarah. “lewat mengenal dr cipto, kami berharap anak muda jepara terpompa semangat juangnya. terlebih sebangai seorang mahasiswa” ujarnya.

Peringatan hari pahlawan yang dilaksanakan teater tuman hanya sebuah langkah kecil yang tiada artinya apa-apa. namun dari pelaksanaan ini diharapkan banyak pihak tergugah dan mampu menjadi pahlawan di bidangmya masing- masing. [klikFakta.com/065]

Flashdisk Ribuan Kitab PDF