Iklan

iklan

Gempabumi Tektonik Guncang Timur Laut Tuban Jatim

Klikfakta.com
Kamis, 17 November 2016 | 19:34 WIB Last Updated 2016-11-17T12:34:44Z
Flashdisk Ebook Islami
klikFakta.com, Jepara - Pada Kamis, 17 November 2016, pukul 13:44:01WIB, wilayah Tuban diguncang gempabumi tektonik. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=3.3 Skala Richter dengan pusat pada koordinat 6.84 LS dan 112.10 BT, tepatnya di laut pada jarak 9 km arah timur laut Tuban pada kedalaman 15 km.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng. Dalam hal ini Lempeng Indoaustralia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempabumi. Gempabumi tersebut tidak dirasakan oleh manusia dan tidak menimbulkan kerusakan.

Terkait dengan peristiwa gempabumi Tuban yang baru saja terjadi, hingga laporan disusun pada pukul 16:20:00 WIB tidak terjadi  aktivitas gempabumi susulan.

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir Tuban  dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.”

Rilis resmi disampaikan oleh BPBD TUBAN bekerja sama dg Pusat Gempabumi Regional VII
Stasiun Geofisika Yogyakarta
Twitter: @bmkgjogja
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gempabumi Tektonik Guncang Timur Laut Tuban Jatim

Viral News

Iklan

iklan