Minat Baca Pelajar Jepara Harus Ditingkatkan -->
Cari Berita

Minat Baca Pelajar Jepara Harus Ditingkatkan

Klikfakta.com
Sabtu, 22 Oktober 2016


          klikFakta.com, Jepara – Minat baca yang rendagh tidak boleh menyulutkan usaha kita untuk terus mengembangkan perpustakaan  hingga tingkat desa, sebab salah satu fungsi perpustakaan yang terkelola dengan baik justru diharapkan dapat menumbuhkan minat baca masyarakat. utamnaya generasi muda dan pelajar. Hal tersebut duuingkapkan Wakil Bupati Jepara Subrtoto saat membuka Pameran buku di Gedung Wanita Jepara. Selasa (18/10/2016). Perpustakaan juga bisa berfungsi sebagai tempat belajar, rekreasi dan bersosialisasi.

            Pameran yang diikuti oleh 23 penerbit yang menempati 39 stand ini akan berlangsung sampai tanggal 24 Oktober 2016. Pameran setiap harinya akan berlangsung mulai jam 08.00 pagi sampai jam 21.00 WIB, pameran ini diselenggarakan dalam peringatan hari sumpah pemuda.

            Dalam kaitannya dengan pengembangan perpustakaan tersebut, menurut subroto sangat penting dikembangkan perpustakaan berbasis IT “Pertimbangannya bukan dari sisi penganggaran yang lebih murah tetapi IT merupakan pilihan generasi muda dan para pelajar,” tambah Subroto.

            Diungkapkan lebih jauh. Penumbuhan minat baca pada kalangan generasi muda dan kalangan pelajar harus menjadi perhatian kita bersama. “Bukan hanya pada lingkungan sekolah tetapi keluarga harus memberikan kontribusi untuk menumbuhkan minat baca anak – anak.” Ujar Subroto.

Selanjutnya ia mengajak kepada segenap orang tua untuk memberikan perhatian terhadap pemenuhan kebutuhan bacaan bagi putra putrinya.

            Kepada Kantor Perpustakaan Daerah, Subroto juga minta untuk menikatkan intensitas dan frekurensi perpustakaan keliling diberbagai desa. Sebab jaringan IT di tingkat pedesaan masih belum merata. Disamping itu pembinaan terhadap perpustakaan yang ada di tingkat desa, lembaga-lembaga pendidikan dan komunitas – komunitas masyarakat hendaknya dilakukan secara rutin.

            Diakhir dalam kesempatan itu Subroto juga memborong kurang lebih 100 buku yang dibagikan kepada anak – anak yang bertemu saat kunjungan stand pameran. [klikFakta.com/029]

Flashdisk Ribuan Kitab PDF