Dua Pasangan Calon Bupati Jepara Mengucapkan Janji Damai -->
Cari Berita

Dua Pasangan Calon Bupati Jepara Mengucapkan Janji Damai

Klikfakta.com
Kamis, 27 Oktober 2016

pengucapan deklarasi damai oleh kedua pasangan calon yang dipandu oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara M Haidar Fitri. [klikFakta.com/033]
klikFakta.com, Jepara – Dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara mengucapkan deklarasi damai dihadapan masyarakat Jepara yang diwakili oleh sejumlah elemen baik dari unsur penyelenggara Pilkada, keamanan dan ormas serta instansi lain. Pelaksanaan deklarasi itu dilakukan di Mapolres Jepara, Kamis (27/10/2016).

Prosesi deklarasi diawali dari sambutan dari Kapolres Jepara AKBP M Samsu Arifin, kemudian dilakukan penandatanganan deklarasi selanjutnya pengucapan deklarasi damai oleh kedua pasangan calon yang dipandu oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara M Haidar Fitri.

Dalam sambutannya, Kapolres Jepara AKBP M Samsu Arifin mengatakan, deklarasi damai tersebut dilakukan agar menguatkan komitmen untuk menciptakan suasana damai khususnya pada pelaksanaan Pilkada Jepara 2017. Ia tidak ingin pelaksanaan Pilkada terganggu sehingga dapat merugikan semua pihak.

“Tentu saja semua pihak menginginkan Pilkada dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala. Yang lebih penting lagi adalah berlangsung damai. Semua elemen yang terlibat berkomitmen untuk menjalankan tugas sesuai tupoksi masing-masing,” kata Samsu.

Di sela-sela sambutannya, Samsu mempertontonkan video bentrok yang terjadi di beberapa kabupaten lain, saat pelaksanaan Pilkada. Pihaknya tidak ingin terjadi kerugian yang begitu besar baik fisik maupun psikis akibat dari pelaksanaan Pilkada yang tidak damai.

“Dari video itu dapat kita lihat besarnya kerugian yang terjadi jika terjadi konflik. Semua tentu saja tidak menginginkan hal itu. Untuk itu, deklarasi damai ini penting agar dapat menjaga kondusifitas yang ada di Kabupaten Jepara,” ungkapnya.

Ia menambahkan, ketika terjadi kendala atau masalah pada pelaksanaan Pilkada. Ia meminta agar masing-masing pihak mengikuti aturan main. Ketika ada yang salah atau keliru harus diproses sebagaimana aturan main. Ia tidak ingin ada hal-hal diluar aturan main pada pelaksanaan Pilkada.

Acara deklarasi damai di Mapolres Jepara dilanjutkan dengan konvoi ke jalan. Kedua pasangan calon dan Forkopinda berada di barisan depan dengan menaiki panggung keliling. Kemudian disusul para tim sukses masing-masing pasangan calon. [klikFakta.com/033]

Flashdisk Ribuan Kitab PDF