PON XIX/2016, KONI Jateng Hanya Targetkan Pertahankan Peringkat -->
Cari Berita

PON XIX/2016, KONI Jateng Hanya Targetkan Pertahankan Peringkat

Klikfakta.com
Kamis, 04 Agustus 2016



KlikFakta.com, Jepara - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Tengah mentargetkan mempertahankan peringkat empat di PON XIX 2016 di Jawa Barat. Itu lantaran dari 47 atlet yang memperoleh medali di PON sebelumnya, 27 diantaranya hengkang dari dari Jateng.

Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Jateng Giri Dahono menyampaikan, target mempertahankan peringkat empat perolehan medali di PON XIX 2016 Jawa Barat, sudah termasuk capaian prestasi yang luar biasa. Itu lantaran Jateng ditinggalkan 27 atlet andalannya yang pada PON sebelumnya menyabet medali.

“Dari 47, yang keluar 27. Ada yang ke DKI Jakarta dan Jawa Barat,” ujar Giri usai membuka Musorkab KONI Kabupaten Jepara 2016 di Pendapa Kabupaten Jepara, Rabu (3/8/2016).

Lebih lanjut Giri menyebutkan, beberapa atlet yang hengkang dari Jateng yaitu, Surya Agung, Agus Prayoga, dan Trianingsing. Ketiganya merupakan atlet andalan Jateng dicabang atletik. Selain itu, altet andalan di cabang olahraga Sepatu Roda, Alan Candra dan Ajeng Aninditya juga keluar dari Jateng.

“Targetnya mempertahankan peringkat, kalau naik berat. Perolehan medali di PON kemarin hanya terpaut sedikit dengan Riau yang berada di posisi lima,” kata Giri.

Meski Jateng ditinggalkan sejumlah atlet andalannya, Giri optimis cabang olahraga seperti sepak takraw di semua kelas mampu meraih medali emas. Selain itu, cabang olahraga lainnya yang berpeluang meraih medali adalah silat, renang, taekwondo, dan woodball.

“Tarung derajad yang kemarin tidak emas, tahun ini berpeluang emas,” ucap Giri.

Giri menambahkan, sepak takraw yang selalu menyabet emas diharapkan tahun ini mampu mengulang prestasi gemilang. Meskipun, pemusatan latihan sepak takraw yang semula dilaksanakan di Semarang, untuk persiapan PON XIX 2016 dialihkan ke Salatiga.


“Harapannya para atlet dapat segera menyesuaikan diri karena tempat pemusatan latihan berpindah,” pungkas Giri. (KF-010)

Flashdisk Ribuan Kitab PDF